Loading...

Akibat Buruk dari Kebiasaan Minum Teh Hijau Secara Berlebihan

Ada banyak manfaat dari minum teh hijau. Misalnya adalah teh hijau bisa mengurangi resiko terkena stroke, sebagai anti radang tenggorokan serta bisa mencegah gigi berlubang. Namun demikian, apapun bila dikonsumsi secara berlebihan pastilah akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Begitu juga dengan teh hijau.

Bila mengonsumsi teh hijau secara berlebihan, maka mungkin saja anda akan merasakan efek samping dari minum teh hijau. Salah satunya adalah karena adanya kandungan kafein pada teh hijau. Berikut adalah beberapa efek samping dari minum teh hijau secara berlebihan:

Mengubah suasana hati

Karena tinggi kafein, jika diminum dalam jumlah banyak, teh hijau bisa berbahaya bagi fungsi tubuh normal. Hal ini bisa mengganggu kesehatan mental, yang mengarah kepada perasaan cemas dan perubahan suasana hati yang tidak biasa. Apalagi bila ternyata tubuh anda mengalami toleransi terhadap kafein, efeknya akan lebih jelas.

Menyebabkan gangguan hormon

Terlalu banyak minum teh hijau akan menyebabkan efek samping bahaya bagi hormon. Meskipun teh hijau kaya akan kandungan antioksidan, namun terlalu banyak minum teh hijau diketahui menyebabkan gangguan sekresi hormon oleh kelenjar dalam tubuh.

Penyerapan gizi

Efek samping dari terlalu banyak minum teh hijau juga akan mempengaruhi kemampuan darah untuk menyerap nutrisi penting. Hal ini terutama terjadi ketika ada penyerapan zat besi oleh darah. Studi telah digambarkan, bahwa pada orang yang mengonsumsi teh hijau berlebihan, akan mengalami penyerapan zat besi oleh darah sekira 20-25 persen dari batas normal.

Gangguan pencernaan

Kandungan tannin pada teh hijau akan merangsang lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam. Bagi pecinta teh hijau, efeknya akan sering mengalami masalah gangguan pencernaan.

Cacat saraf pada janin

Oleh dokter, ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein, termasuk teh hijau selama masa awal kehamilan. Karenanya, kafein memiliki efek positif yang luar biasa pada otak pada janin yang mengganggu perkembangan otak, sehingga mengakibatkan cacat saraf pada bayi baru lahir.

Itulah beberapa diantaranya dari sekian banyak efek buruk dari minum teh hijau berlebihan. Karena itu, minumlah teh hijau secukupnya. Menurut laman Boldsky, para ahli menyarankan anda hanya dibolehkan minum teh hijau satu cangkir setiap hari.

loading...
About these ads
Loading...

Hasil pencarian:

dampak negatif minum teh hijau, efek samping minum teh hijau, teh hijau hormon
Akibat Buruk dari Kebiasaan Minum Teh Hijau Secara Berlebihan | inicarak | 4.5