Alasan dan Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Sering ‘Buang Gas’ Kentut | IniCaraku.com

Alasan dan Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Sering ‘Buang Gas’ Kentut

Membuang gas dalam perut adalah hal yang menyehatkan bagi tubuh, namun demikian tetap saja, tak sengaja ‘buang gas’ atau kentut di depan umum adalah hal yang memalukan. “Setiap harinya, kita memiliki sekitar 500 cc gas dalam perut, dan hal itu membuat kita kira-kira perlu ‘buang gas’ sekitar 14-20 kali sehari, bahkan kadang terjadi tanpa sadar,” kata dr Patricia Raymond, MD, gastroentrolog di Virginia, AS .

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil adalah sering buang gas atau kentut. Hal ini karena pada ibu hamil gas dalam perut bisa meningkat karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang paling jelas adalah, ketika rahim mengembang berikut bayi di dalamnya, makin sedikit ruang untuk 500 cc gas yang diproduksi setiap hari itu di dalam perut. Ditambah lagi, perempuan hamil jadi lebih sering makan makanan sehat. Tambahan produk susu, buah-buahan, dan sayuran mengandung gula simpleks yang sulit dicerna tubuh.

Tubuh bisa jadi tidak memiliki enzim yang tepat di usus kecil untuk menyerap gula-gula tertentu. Partikel ini kemudian berkelana ke usus besar, tempat bakteria tubuh mencerna gula dan menghasilkan hidrogen, karbondioksida, serta metana, yang akhirnya menyebabkan gas harus mencari cara agar bisa keluar dari tubuh, dan jalannya adalah melalui rektum.

Salah satu penyebab lainnya adalah udara yang masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan saat si ibu hamil mengunyah makanan dan menelan. Sebagian udara yang ikut masuk ini bisa dikeluarkan lewat sendawa, tetapi sebagian lainnya terserap oleh tubuh, dan akhirnya keluar lewat belakang.

Tips Cara Atasi Sering Kentut pada Ibu Hamil

Dr Patricia Raymond, MD, gastroentrolog di Virginia, AS, menyarankan dua tips untuk mengatasi masalah gas pada ibu hamil:

1. Catat semua makanan yang Anda konsumsi dan lihat bagaimana tubuh meresponnya. Jika Anda merasa kembung atau banyak buang angin setelah beberapa jam mengasupnya, tubuh Anda mungkin kesulitan untuk memproses makanan tersebut. Hindari makanan-makanan ini atau minta resep suplemen enzim dari dokter Anda agar tubuh bisa memproses makanan-makanan tertentu.

2. Untuk masalah gas secara umum, dr Raymond menyarankan untuk makan antacid yang banyak dijual bebas. Menurutnya, obat semacam ini bisa membuat gas dalam perut mengecil.

Untuk para ibu hamil, selalu konsultasikan kondisi anda dengan para tenaga medis sebelum mengkonsumsi obat-obatan apa pun, meski itu adalah obat yang dijual bebas, karena obat-obatan bisa mengganggu kemampuan tubuh menyerap vitamin yang dibutuhkan. Saran terakhir dari dr Raymond, jangan memaksakan diri untuk menahannya, carilah tempat untuk bisa mengeluarkan gas tersebut.

Panduan Cara Cepat Hamil

Space 468x60 for rent. Please contact us...