Loading...

Anak Sering Tidur Sambil Berjalan, Ini Cara Mengatasinya

Tidur sambil berjalan bisa saja terjadi. Tidak hanya pada orang dewasa, namun juga bisa terjadi pada anak-anak. Sebagai orang tua, mendapati anak yang sering tidur sambil berjalan tentulah membuat risau. Karena ketika sleep walking atau gangguan tidur yang menyebabkan seseorang bangun dan berjalan saat sedang tidur, maka apa yang dilakukannya tidak ia sadari. Karena itu, tidur sambil berjalan ini bisa jadi akan menyebabkan bahaya tidak hanya bagi dirinya, namun juga bisa jadi menyebabkan bahaya pada orang lain.

Tapi jangan khawatir, sebagaimana yang dilansir laman Okezone, ada beberapa cara mengatasi gangguan tidur sambil berjalan atau sleep walking pada anak. Berikut diantaranya yang bisa dilakukan orang tua:

1. Saat mendapati si kecil berjalan sambil tidur, jangan panik dan segera tuntun si kecil kembali berbaring ke tempat tidurnya.

2. Jaga keselamatannya dan usahakan agar si kecil tidak menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

3. Minimalkan barang pecah belah dan mainan yang ada di dalam kamar. Kalau bisa jangan ada televisi dan benda tajam di kamar tidur anak.

4. Pastikan agar jendela kamar selalu dalam keadaan terkunci dan diberi teralis atau pagar.

5. Pasang kunci ganda pada kamar tidur anak agar bisa dibuka dari dalam atau luar kamar. Juga berikan suatu benda yang berbunyi pada pintunya agar ketika si kecil membuka pintu ibu bisa mengetahuinya.

6. Gunakan pencahayaan kamar secukupnya saja dan berikan lampu meja untuk membantunya saat belajar.

7. Minimalkan hutang tidurnya dengan memerhatikan aktivitas si kecil sepanjang hari. Usahakan agar waktu tidur siang dan malam hari anak cukup.

8. Sebelum tidur, hindari melakukan kegiatan yang berlebihan. Karena saat anak merasa lelah dan mengantuk, ia justru makin aktif bergerak untuk menghilangkan rasa kantuknya.

9. Hindari mengonsumsi cokelat, es krim, soda atau makanan yang mengandung kafein lainnya secara berlebihan pada sore hari.Karena kafein dapat membuat anak menjadi sulit tidur.

Itulah beberapa tips cara mengatasi anak yang suka tidur sambil berjalan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Anak Sering Tidur Sambil Berjalan, Ini Cara Mengatasinya | inicarak | 4.5