Loading...

Apa Alasan Menguap Bisa Menular? Ini Jawabannya

Menguap, menjadi salah satu tanda orang yang mengantuk. Menguap juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sudah kelelahan dan butuh waktu untuk istirahat. Namun tahukah anda bila menguap bisa menular ke orang di sekitar?

Anda mungkin pernah memperhatikan, ketika teman di sampaing anda menguap, tidak lama kemudian teman lainnya atau anda sendiri yang ada di dekatnya juga ikutan menguap. Kenapa bisa begitu ya?

Sangat sulit bagi seseorang untuk menahan diri untuk tidak menguap. Lantas, benarkah menguap itu bisa menular?

loading...

Baca juga:

  1. 5 Hal Tentang Menguap yang Harus Anda Ketahui
  2. 4 Alasan Kenapa Kita Menguap

Sebelum menjawab itu, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kita menguap meski sedang tidak lelah? Area otak kita yang bertanggung jawab untuk fungsi motorik bisa disalahkan atas fenomena menguap ini, menurut sebuah penelitian.

Menurut sebuah laporan BBC mengenai penelitian ini, “menguap menular adalah bentuk umum dari echophenomena, seperti kita otomatis meniru kata-kata atau tindakan orang lain.

“Jadi, para ilmuwan mengatakan bahwa memahami menguap menular juga bisa membantu memahami gangguan di mana echophenomena terlihat,” tambah laporan BBC.

Studi tersebut menunjukkan bahwa kecenderungan manusia untuk menguap lalu menular dipicu secara otomatis oleh refleks primitif di korteks motor utama area otak yang berfungsi sebagai fungsi motorik.

“Temuan ini mungkin sangat penting dalam memahami hubungan antara rangsangan motor dan terjadinya echophenomena dalam berbagai kondisi klinis yang terkait dengan peningkatan rangsangan korteks dan penurunan penghambatan fisiologis, seperti epilepsi, demensia, autisme dan sindrom Tourette,” jelas Profesor Stephen Jackson yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Timesofindia, Selasa (5/9/2017).

Loading...
Apa Alasan Menguap Bisa Menular? Ini Jawabannya | admin | 4.5