Loading...

Asupan Vitamin untuk Ibu Hamil Agar Janin yang Dikandung Sehat

Selama masa kehamilan, sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatannya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Hal ini selain baik untuk menjaga kesehatan ibu, juga bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan janin yang ada dalam kandungan.

Vitamin prenatal sudah bisa dikonsumsi di apotik ataupun dengan resep dokter. Walaupun, setiap resep berbeda-beda karena merek suatu obat, namun hal itu tidak bisa menghilangkan manfaat besar dari vitamin prenatal.
Lalu, apa saja vitamin prenatal itu? Dr Mary Rosser, asisten profesor di departemen obstetri dan ginekologi dan kesehatan wanita di Montefiore Medical Center di New York City, seperti yang dikutip dari Foxnews, menjelaskan tentang apa saja vitamin pranetal tersebut.

1. Asam folat
Membeli vitamin asam folat yang 400 dan 800 mikrogram sangat ideal untuk ibu hamil. Bila anak ibu sebelumnya mengalami ketaknormalan fisik atau jika memiliki faktor risiko lain, mungkin ibu hamil bisa mengonsumsi empat miligram asam folat (4000 mikrogram).

loading...

2. Zat besi
Untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, serta mencegah ibu hamil mengalami anemia, maka dibutuhkanlah zat besi. Mengonsumsi lebih banyak zat besi sangat penting bagi ibu hamil. Alasannya, karena volume darah hampir dua kali lipat yang berisi oksigen dan nutrisi pasti diambil bayi. Sebanyak 30 miligram adalah jumlah terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil. Akan tetapi, dokter mungkin meresepkan lebih jika ibu menderita anemia.

3. Kalsium
Untuk pertumbuhan dan juga perkembangan tulang, janin membutuhkan kalsium. Di mana untuk mendapatkannya mereka mengambil gizi dari tubuh si ibu. Karena itulah, maka sangat penting bagi ibu untuk mendapatkan kalsium yang cukup, yakni 250 miligram sehari.

4. Magnesium
Carilah vitamin prenatal dengan setidaknya 400 miligram magnesium. Hal itu sangat penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Selain itu juga untuk meredakan nyeri otot, meningkatkan energi, dan membantu relaksasi.

5. Vitamin D
Vitamin D tidak hanya bermanfaat untuk membantu ibu menyerap kalsium dan mendukung tekanan darah tetap sehat. Namun penelitian juga menunjukkan bahwa hal itu erat kaitannya dengan kelahiran bayi dengan lebih baik. Bukan cuma itu, sebuah penelitian terbaru di Journal of Clinical Endokrinologi and Metabolism menemukan, ibu dengan tingkat vitamin D yang lebih tinggi, lebih mungkin memiliki anak dengan otot yang lebih kuat.

Untuk mendapat manfaat di atas, cukupi vitamin D dari 400 sampai 800 IU. Jika ibu berisiko untuk mengalami masalah tulang atau seorang vegetarian, maka dokter mungkin meresepkan hingga 2.000 IU setiap hari.

Loading...
Asupan Vitamin untuk Ibu Hamil Agar Janin yang Dikandung Sehat | inicarak | 4.5