Loading...

Atasi Stroke dengan Makan Tiga Buah Pisang Setiap Hari

Mengurangi resiko terkena stroke ternyata bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi tiga buah pisang setiap harinya. Demikian hasil dari penelitian yang dilakukan ilmuwan Inggris dan Italia. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa asupan pisang secara teratur berakibat baik untuk kesehatan jantung.

Dengan mengkonsumsi satu pisang untuk sarapan, satu pisang lagi untuk makan siang, dan satu buah untuk makan malam memberikan cukup kalium untuk mengurangi risiko penggumpalan darah di otak sebanyak 21 persen. Selain itu ditemukan juga bahwa untuk cara mencegah stroke bisa dilakukan dengan mengonsumi makanan lainnya yang kaya kalium seperti bayam, kacang-kacangan, ikan, lentil yang merupakan jenis kacang-kacangan.

Para ilmuwan menganalisis data dari sebuah penelitian yang berbeda dimulai dari pertengahan 1960-an dan mengumpulkan hasilnya. Mereka menemukan asupan harian sekitar 1.600 mg kalium, setengah dari yang dianjurkan 3.500 mg untuk orang dewasa, cukup untuk mengurangi risiko stroke.

loading...

Sebuah pisang rata-rata mengandung 500 mg kalium yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Kekurangan kalium dapat menyebabkan seseorang mengalami mudah marah, mual, denyut jantung tidak teratur, dan diare.

Peneliti dari University of Warwick dan University of Naples mengatakan, asupan kalium pada kebanyakan orang jauh melebihi jumlah yang disarankan setiap hari. Selain mengurangi risiko stroke, asupan kalium dapat mengurangi asupan garam mereka.

Pisang, juga dikenal sebagai makanan super untuk meningkatkan energi. Penelitian itu telah dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology.

Loading...
Atasi Stroke dengan Makan Tiga Buah Pisang Setiap Hari | inicarak | 4.5