Loading...

Bacaan Do’a Niat Puasa dan Berbuka Puasa Ramadhan

Puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban yang diberikan kepada seluruh umat Islam yang telah memenuhi syarat seperti berakal, sudah baligh atau dewasa dan pastinya adalah kepada mereka yang mampu melaksanakannya.

Pengertian puasa ramadhan adalah tidak makan dan minum serta menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa di bulan Ramadhan, misalnya saja muntah dengan sengaja, bersetubuh, gila dan keluar dari agama islam atau murtad, dengan niat yang sudah ditentukan. Mulai dari terbitnya fajar hingga waktu berbuka puasa tiba yaitu terbenamnya matahari di ufuk barat.

Amalan bulan ramadhan ada banyak sekali dimana bila kita melakukan atau mengerjakannya akan mendapatkan pahala yang berlipat. Salah satu yang menjadi amalan dan ini sangat disunnahkan adalah makanan buka puasa. Ketika buka puasa adalah memulainya dengan makan kurma. Karena kurma memiliki citarasa manis. Sesuatu yang manis bisa menguatkan penglihatan (mata) yang lemah karena puasa.

loading...

Seorang muslim diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan bukanlah tanpa sebab. Karena ada hikmah dan keutamaan puasa Ramadhan, diantaranya adalah dengan berpuasa ini menjadi salah satu tanda dan bukti akan ketaatan seorang hamba kepada sang khalik, yaitu Allah SWT.

Salah satu yang tidak boleh terlewatkan karena menjadi salah satu fardhu-nya puasa adalah niat. Jadi hukum niat berpuasa adalah wajib. Jadi jangan lupa untuk membaca do’a niat berpuasa ya biar puasanya diterima oleh Allah. Untuk yang belum tahu atau lupa do’a niat berpuasa atau do’a niat berbuka puasa, berikut ini adalah do’a niat berpuasa dan berbuka puasa.

Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa bacaan niat puasa harus dibaca setiap hari, yaitu pada saat sahur dan ada juga yang menyatakan cukup dibaca sekali di awal bulan puasa. Namun untuk lebih afdolnya dan berjaga-jaga untuk menguatkan tujuan berpuasa sebaiknya bacaan niat puasa di bulan Ramadhan diucapkan setiap hari saja.

Do’a niat puasa Ramadhan yang dibaca setiap hari

Gambar Niat Puasa. Doa Niat Berpuasa Ramadhan Harian

Niat puasa ramadhan latin: “Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa-i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillaahi ta’aalaa”.

Artinya: Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Ta’ala.

Do’a niat puasa Ramadhan jika ingin niatnya langsung untuk satu bulan penuh

Gambar Niat Berpuasa. Doa Niat Berpuasa Ramadhan Sebulan Penuh

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Sengaja aku berpuasa untuk sebulan pada bulan Ramadhan karena Allah Ta’aalaa.

Niat atau do’a buka puasa Ramadhan

Doa Berbuka Puasa

Niat buka puasa latin: “Allaahumma laka shumtu wabika amantu wa’ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamarraahimiin”.

Artinya: Yaa Allah, karenaMU aku berpuasa dan denganMU aku beriman dan atas rezekiMU aku berbuka, maka ampunkanlah kesalahanku dengan belas kasihMU ya Allah yang maha mengasihi.

Semoga informasi tentang doa niat puasa dan buka puasa di bulan Ramadhan yang kami berikan tadi dapat memberikan manfaat.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

kepala pusing setelah berbuka puasa, Mengatasi Libido Saat Puasa, mual setelah buka puasa, setelah buka puasa sering buang angin
Bacaan Do’a Niat Puasa dan Berbuka Puasa Ramadhan | inicarak | 4.5