Loading...

Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Freezer

Menyimpan makanan yang benar akan membuat makanan jadi tahan lama dan tidak terbuang percuma, dan freezer merupakan salah satu tempat pilihan utama untuk menyimpan makanan. Namun sayang, ternyata tidak semua jenis makanan bisa disimpan dalam freezer. Pasalnya, beberapa jenis makanan ternyata justru akan rusak bila di bekukan di dalam freezer.

Sebenarnya bukan karena masalah keamanan, namun membekukan jenis makanan tertentu ternyata bisa menurunkan kualitas dari makanan tersebut. Makanan akan menjadi lembek atau hambar dan sebagian besar bahkan menyebabkan makanan ini jadi mudah rusak atau kehilangan kualitas jika telah disimpan dalam freezer.

Seperti yang dilansir Wisebread, berikut beberapa makanan yang tidak perlu dibekukan.

loading...

Gorengan
Gorengan akan terasa lebih ikmat bila masih terasa renyah. Sayangnya, membekukan makanan yang digoreng akan membuatnya menjadi basah dan tidak renyah lagi. Semua jenis makanan yang dilapisi tepung, tidak dianjurkan untuk disimpan dalam freezer setelah dimasak.

Solusinya, gorenglah setelah sayuran, daging atau bahan lain yang dibaluri tepung telah dibekukan. Sebaiknya bekukan dalam satu lapisan di atas loyang sebelum dimasukkan ke dalam kantong freezer tunggal. Ketika ingin digoreng, keluarkan dan goreng seperti biasa.

Sayuran berdaun
Jenis sayuran berdaun, seperti kubis, selada, dan daun lobak, akan menjadi layu dan basah setelah dibekukan. Jenis sayuran lain yang juga akan rusak akibat pembekuan, yaitu mentimun dan seledri.

Solusinya, jangan membekukan seledri, lobak, peterseli, bayam, dan sayuran berdaun lainnya secara utuh atau dalam keadaan mentah, cobalah untuk membuat sayuran tersebut menjadi sup ataupun acar terlebih dahulu, baru Anda bisa membekukannya dalam freezer. Tidak hanya mengolahnya menjadi sup dan acar, Anda juga bisa menjadikannya dalam olahan lainnya.

Olahan susu
Setelah dibekukan, beberapa jenis olahan susu seperti sour cream, krim keju, beberapa keju lunak, dan mayones akan terpisah dan kehilangan kekentalannya. Kebanyakan makanan jenis ini akan menjadi basah karena menyerap air.

Solusinya, susu baik dibekukan bila dalam kemasan karton. Jika Anda ingin membekukan keju, usahakan jenis keju yang keras, seperti keju cheddar. Bekukan dalam keadaan blok atau secara utuh atau kemasan aslinya yang sudah teriris.

Loading...

Hasil pencarian:

kenapa sayuran tidak dibekukan
Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Freezer | inicarak | 4.5