Loading...

5 Bahaya Akibat Mengurangi Porsi Makan dari Biasanya

Sebagai salah satu langkah yang banyak diambil orang ketika sedang berusaha untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi porsi makan. Biasanya dari kebanyakan pelaku diet maka mereka akan menghindari makanan yang memiliki jumlah kalori dan lemak tinggi agar bobot tubuhnya bisa segera turun.

Bahaya Akibat Mengurangi Porsi Makan dari yang Biasanya

Meski mengurangi jumlah asupan makanan menjadi salah satu jurus ampuh untuk mengurangi berat badan, namun tindakan seperti ini akan berakibat tidak baik dimana langkah ini justru akan membuat metabolisme melambat. Berbagai masalah kesehatan pun bisa muncul akibat dari mengurangi porsi makan harian. Apa saja itu?

1. Gula darah menjadi tidak stabil

loading...

Kadar gula darah dalam tubuh akan menjadi tidak stabil ketika tubuh kekurangan nutrisi. Padahal, dengan tercukupinya pasokan gula darah ini akan membuat tubuh tetap bugar. Sementara itu dengan mengurangi porsi makan menjadi lebih sedikit ini akan membuat tubuh menjadi kekurangan glukosa yang pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya penurunan gula darah secara drastis. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan tubuh menjadi lebih mudah merasa lemas, tingkat konsentrasi yang menurun dan juga bisa berakibat mengalami sakit kepala. Bahkan bukan tidak mungkin bila tubuh kekurangan nutrisi dalam jangka panjang bisa jadi akan menyebabkan penyakit jantung.

2. Pencernaan menjadi terganggu

Setiap makanan yang dikonsumsi maka semuanya akan diproses di dalam lambung. Hasilnya adalah nutrisi yang ada pada makanan akan diserap oleh tubuh, sementara itu untuk sisa-sisanya akan dibuang melalui anus. Namun pada saat anda sedang menjalani program diet dengan mengurangi porsi makan, anda biasanya akan merasa kelaparan sebagai akibat dari tubuh yang kekurangan nutrisi. Alih-alih tubuh anda menjadi kurus, yang ada justru anda akan mengalami pencernaan yang terganggu.

3. Insomnia atau susah tidur

Seseorang yang melakukan diet ekstrim beresiko besar untuk mengalami masalah insomnia atau gangguan sulit tidur. Ini terjadi sebagai akibat dari tubuh yang sibuk untuk membakar lemak sebagai energi yang butuh waktu lama. Hormon adrenalin akan diproduksi oleh tubuh dalam jumlah berlebih ketika perut kelaparan. Nyatanya hormon ini akan membuat otak lebih waspada yang menjadikan indera lebih sensitif. Sebagai akibat dari hal ini adalah anda akan mengalami kesulitan tidur jika perut terasa lapar.

4. Rambut mudah rontok

Asupan kalsium dan juga protein dibutuhkan oleh rambut untuk membuatnya tumbuh dengan baik. Dengan mengurangi jumlah asupan makanan yang dikonsumsi, ini akan menyebabkan kandungan kalsium dan juga protein tubuh menjadi tidak tercukupi. Sebagai akibatnya, maka folikel rambut akan mengendur dan menyebabkan kerontokan rambut.

5. Jadi mudah marah

Seseorang yang perutnya sedang merasa lapar biasanya akan lebih cenderung mudah marah. Ini disebabkan oleh rasa lapar yang ternyata dapat memengaruhi kadar hormon serotonin dalam tubuh. Serotonin sendiri merupakan hormon yang bertugas memberi perasaan nyaman. Karena itu ketika tubuh sedang merasa lapar, maka tentu saja anda akan merasa tidak tenang dan juga menjadi lebih mudah marah akibat dari kurangnya kurangnya produksi hormon serotonin dalam tubuh.

Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, melakukan program diet boleh saja, namun ada baiknya untuk tidak memilih diet ekstrim untuk menurunkan berat badan seperti misalnya dengan mengurangi asupan makanan seperti ini. Karena mengurangi porsi asupan makanan bukanlah cara yang baik untuk menurunkan berat badan karena ini justru akan menimbulkan banyak masalah terkait kesehatan tubuh.

Ada baiknya bila ingin mengikuti program diet sebelum itu terlebih dahulu berkonsultasi dengan tenaga ahli serta memeriksakan kondisi kesehatannya secara rutin selama menjalani program diet.

Loading...
5 Bahaya Akibat Mengurangi Porsi Makan dari Biasanya | admin | 4.5