Bahaya Diet OCD: Bisa Sebabkan Osteoporosis | IniCaraku.com

Bahaya Diet OCD: Bisa Sebabkan Osteoporosis

Diet OCD merupakan cara diet yang saat ini cukup dan masih populer dibanyak kalangan. Banyak yang sudah membuktikan akan keberhasilan dari menjalankan diet OCD. Namun tunggu dulu, cara diet yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia oleh Deddy ini ternyata bisa berdampak buruk untuk kesehatan tulang.

Seperti yang diberitakan laman liputan6, menurut dr. Fiastuti Witjaksono Msc. Ms SpGK., dari Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), salah diet bisa memicu pengeroposan tulang. “Misalnya bila dia memilih diet yang sekarang lagi booming yaitu OCD, nah dengan asupan makan yang sangat sedikit bisa berpotensi meningkatkan risiko osteoporosis terlebih asupan kalsium yang kurang,” ujar Fiastuti saat Acara Pelatihan Pencegahan Osteoporosis di Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Menurutnya, kekurangan karbohidrat, asupan makan yang sedikit dan konsumsi protein yang tinggi dan kurangnya kalsium menjadi faktor pengeroposan tulang. Sumber kalsium berasal dari susu, produk susu, ikan terutama yang dimakan dengan tulangnya, kacang-kacangan, tahu, tempe dan sayuran berwarna hijau.

“Saat melakukan hal tersebut zat asam meningkat di dalam tubuh sehingga kalsium yang ada justru malah keluar melalui urin,” jelasnya.

Hal tersebut yang menyebabkan salah diet menibgkatkan risiko osteoporosis. Selain itu terlalu banyak garam dan penyedap juga menjadi penyebab osteoporosis.

“Karena dalam penyedap atau garam terdapat natriun dia menarik kalsium dan keluar tubuh sehingga tubuh kehilangan kalsium dan berisiko osteoporosis,” paparnya.

IniCaraku.com Search form