Loading...

Bahaya! Inilah Ciri-ciri Orang yang Sudah Kecanduan Kafein

Tidak sedikit orang yang menjadikan kopi sebagai solusi minuman untuk membangkitkan semangat dan mood sebelum memulai aktivitas maupun teman saat lembur di malam hari. Mungkin anda termasuk salah satunya?

Mengonsumsi kopi memang dapat memberikan manfaat dimana bagi sebagian orang ini bisa membantu menyemangatkan diri dalam mengawali hari. Hal ini bukanlah tanpa sebab, karena adanya kandungan kafein di dalam kopi memang memiliki efek stimulasi otak yang akan membuat mata serta badan terasa lebih segar. Namun akan berbeda ceritanya bila seseorang sudah masuk tahap kecanduan, dimana kandungan kafein di dalam kopi bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Sayang, hingga saat ini tidak sedikit orang yang seringkali tak berpikir bahwa kecanduan kafein tidaklah seburuk orang yang kecanduan pada obat. Karena kecanduan kafein tidak memberikan dampak yang sangat besar seperti obat-obatan. Walau demikian, kecanduan kopi juga bisa mengganggu dan susah dihilangkan

Tanda-tanda Orang yang Kecanduan Kafein

Sumber kafein tidak hanya berasal dari kopi. Karena beberapa jenis minuman lainnya juga ada yang memiliki kandungan kafein. Sebut saja contoh minuman yang banyak mengandung kafein misalnya soda, teh, minuman energi, cokelat, permen, dan lainnya. Sehingga tanpa disadari, beberapa orang menjadi kecanduan kafein dan sulit lepas dari konsumsi zat adiktif ini. Seperti apa tanda-tanda seseorang kecanduan kafein?

1. Kepala Berdenyut-denyut

Kafein bekerja sedikit mempersempit pembuluh darah dan memperlambat jalannya aliran darah. Karena itulah mengonsumsi kafein cukup efektif untuk meredakan sakit kepala sementara waktu. Namun bila dikonsumsi terus-menerus dan dalam jumlah banyak, orang akan merasakan kepala berdenyut jika sehari saja tidak minum kopi.

2. Sering Uring-uringan

Kafein termasuk zat stimulan, yang menstimulasi otak yang mengatur rasa senang. Saat mengonsumsi sesuatu yang mengandung kafein, otak akan melepaskan dopamine, senyawa yang menimbulkan rasa bahagia. Dopamin ini efeknya sedikit mirip kokain yang menimbulkan ketergantungan.

Meski tidak seberat dan seberbahaya narkotika, namun kafein juga memiliki efek adiktif yang dapat membuat peminumnya merasa lebih baik. Jadi bila anda sering uring-uringan pada saat tidak minum kopi sehari saja, maka itu bisa jadi tanda jika otak anda sudah mengandalkan kafein untuk merasa lebih baik.

3. Sulit Konsentrasi

Kafein memberikan dorongan adrenalin pada tubuh yang membantu anda tetap fokus dan terjaga bahkan di kala tubuh sudah letih. Jika anda terbiasa minum kopi setiap hari, maka anda bisa sulit berpikir atau konsentrasi saat melakukan tugas-tugas yang rumit tanpa ditemani secangkir kopi. Sebab tubuh menginginkan kehadiran kafein di dalam darah.

4. Dosisnya Terus Bertambah

Mengonsumsi terlalu banyak dan dilakukan terus menerus bisa membuat tubuh mengalami intoleransi kafein dimana kebutuhan akan kafein seakan terus bertambah. Untuk bisa mendapatkan efek yang sama, maka tubuh membutuhkan lebih banyak kafein. Bila hal itu terjadi pada anda, dan nyatanya anda tetap bisa tidur cepat di malam hari tanpa masalah setelah minum satu cangkir kopi sebelum tidur, maka itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh anda sudah kebal dengan efek kafein.

5. Panik dan Gelisah

Konsumsi kafein dosis tinggi bisa menimbulkan kegelisahan dan meningkatkan risiko serangan pani, terutama pada orang-orang yang rentan mengalami masalah kesehatan mental. Karena itu bila anda menjadi lebih gelisah daripada biasanya, tidak ada salahnya untuk coba mengurangi konsumsi kafein untuk melihat apakah kondisinya jadi lebih baik. Apabila rasa gelisah berkurang secara signifikan, itu tandanya anda sudah minum kopi secara berlebihan.

Kebiasaan minum kopi, teh, atau minuman lainnya yang mengandung kafein tidak harus anda hentikan sama sekali demi lepas dari kecanduan. Karena bagaimanapun juga kafein memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Adapun beberapa contoh manfaat kafein bagi tubuh misalnya dapat meningkatkan konsentrasi dan mempercepat pembakaran kalori saat berolahraga. Namun demikian tentu saja anda harus membatasi konsumsinya. Pakar diet merekomendasikan jumlah ideal konsumsi kopi tak lebih dari dua cangkir sehari.

loading...
About these ads
Loading...
Bahaya! Inilah Ciri-ciri Orang yang Sudah Kecanduan Kafein | inicarak | 4.5