Bahaya Membunyikan Persendian Tulang Leher dan Lainnya | IniCaraku.com

Bahaya Membunyikan Persendian Tulang Leher dan Lainnya

Saat capek atau lelah setelah bekerja, membunyika leher, tangan, punggung atau lainnya memang terasa sangat nikmat. Banyak orang percaya bahwa kegiatan tersebut dapat membantu menghilangkan rasa pegal dan capek, dan mungkin memang ada benarnya juga.

Namun tahukah anda bahwa terlalu sering membunyikan persendian tulang dapat meningkatkan risiko stroke?

Para ahli mencoba membuat sebuah model persendian untuk mengetahui darimana asalnya sumber bunyi ketika kita meretakkan buku-buku jari dan bagimana efeknya pada persendian.

Berdasarkan hasil riset tersebut, diketahui bahwa membunyikan buku-buku jari dapat memicu keluarnya cairan sinovial yang akan berubah menjadi udara bersamaan dengan keluarnya bunyi seperti retakan.

Pendekatan lain menyebutkan bahwa suara retakan berasal dari gesekan otot dengan permukaan. Apapun sumber bunyi tersebut, namun para peneliti mengingatkan bahwa meretakkan buku-buku jari tetap saja berbahaya.

Ada banyak bahaya yang menanti dibalik kegiatan membunyikan persendian tulang leher, jari tangan & kaki dan punggung, diantaranya adalah:

1. Dr. Brian Cazzasa, M.D dari Universitas California, mengatakan bahwa membunyikan tulang bisa membuat syaraf terjepit di sela-sela tulang ekor leher atau lainnya. Jika itu terjadi, efek yang ditimbulkan bermacam-macam, tergantung jaringan saraf itu menuju kemana.

2. Bisa mengakibatkan organ tubuh seperti kaki dan tangan sulit dikomando oleh otak. Efek yang ditimbulkan biasanaya orang tersebut akan berjalan seperti robot, karena otak gagal memberi instruksi kepada organ-organ tubuh untuk melakukan apa yang diinginkan.

3. Membunyikan persendian tulang adalah kegiatan yang salah karena menyalahai aturan persendian normalnya dan dapat menghancukan tulang-tulang rawan didalamnya.

4. Jika terus menerus dilakukan, hal ini dapat menyebabkan penyakit sendi yang kronis di kemudian hari.

Cara Alternatif Selain Membunyikan Persendian Tulang Untuk Menghilangkan Sakit atau Pegal

1. Jika dirumah anda ada shower, gunakan tekanan air shower (hangat) itu untuk mengurangi sakit karena leher yang mengejang. Biarkan tekanan air hangat dari pancuran tercurah di bagian belakang leher.

2. Jika tidak mempunyai shower, leher belakang bisa dikompres dengan air hangat menggunkan washlap atau handuk kecil. Lakukan terus menerus dan ulangi jika air sudah mulai dingin. Ingat! Air harus dalam keadaan hangat.

3. Menurut Dr. Cassaza, cara lain untuk menyembuhkan leher yang pegal adalah dengan bersandar di tembok. Tempelkan bahu di leher, lemaskan bahu dan sandarkan ke belakang, lalu tekan punggung bagian bawah ke tembok.

4. Atau gerakan leher perlahan, 4 atau 5 kali. Putarlah kepala ke kanan atau kekiri dengan perlahan dan hati-hati.

5. Jika anda menggunakan AC saat tidur, pastikan suhu yang dikeluarkan serendah mungkin. Sebab jika terlalu dingin, otomatis anda akan menarik selimut, dan posisi tidurpun meringkuk. Hal ini akan membuat leher atau badan anda pegal esok harinya.

6. Jika sedang menonton tv, bekerja didepan komputer, atau membaca buku sambil tiduran, pastikan kepala tidak menekuk ke depan, kebelakang atau kesamping. Posisi kepala tetap harus lurus.

Jadi, sebelum hal yang lebih buruk datang menimpa anda, maka ada baiknya bila dari sekarang anda coba untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

IniCaraku.com Search form