Loading...

Bahaya Minum Es Teh, Bisa Mengganggu Kesehatan Ginjal

Anda mungkin adalah salah satu dari sekian banyak penggemar minuman es teh. Es teh memang merupakan salah satu jenis minuman yang menyegarkan yang banyak sekali oenggemarnya. Namun Anda perlu hati-hati, karena terlalu banyak minum es teh bisa berpengaruh tidak baik untuk ginjal Anda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa es teh mengandung oksalat yang dapat memicu pembentukan batu ginjal. Sebenarnya tak hanya oksalat saja yang dapat memicu batu ginjal, namun kalsium dan asam urat juga demikian. Oksalat dituduh memicu pembentukan kristal kecil yang terbuat dari mineral dan garam.

Selain es teh, beberapa makanan yang juga mengandung oksalat adalah misalnya bayam, bit, belimbing, lada hitam, cokelat, kacang-kacangan, strawberry dan blueberry juga diketahui memiliki kandungan oksalat yang tinggi.

loading...

Bagi pasien batu ginjal atau yang pernah mengalami batu ginjal, minuman berkafein sebaiknya dihindari. Kafein merupakan zat yang bersifat diuretik atau memicu berkemih. Jika terjadi pengeluaran cairan berlebihan, maka kecenderungan terbentuknya batu ginjal akan semakin besar.

“Jika pernah punya batu ginjal, rajin-rajinlah minum air putih atau jus buah, tapi jangan mengonsumsi teh, kopi atau minuman berkafein lainnya. Hal ini karena kafein dapat memicu pengeluaran cairan secara berlebihan dari tubuh sehingga merangsang penumpukan batu,” kata Leona Victoria Djajadi MND, Ahli Gizi dari University of Sydney.

Loading...
Bahaya Minum Es Teh, Bisa Mengganggu Kesehatan Ginjal | inicarak | 4.5