Bahaya Minum Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil | IniCaraku.com

Bahaya Minum Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Seperti yang kita ketahui bahwa susu kedelai mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Namun ternyata ini justru terbalik jika yang mengkonsumsi adalah ibu hamil yang berada pada trisemester pertama (1-3 bulan periode hamil). Hal ini disebabkan kandungan phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai yang justru dapat membuat wanita hamil mengalami keguguran.

Phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai adalah estrogen (sex female hormone) yang diperoleh dari tumbuhan. Secara kimiami struktur dan fungsinya hamper sama namun perbedaannya adalah sumbernya, phytoestrogen diperoleh dari tumbuhan sedangkan estrogen diperoleh dari sistesis organ tubuh sendiri. Estrogen pada trisemester pertama ini berbahaya bagi keberlangsungan kehamilan, hal ini karena estrogen dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim (uterus) dimana perlekatan janin belum sempurna. Jika kontraksi yang berlebihan ini terjadi maka perlekatan akan terlepas dan terjadilah keguguran.

Kondisi ini akan berubah sesuai dengan umur kandungan, semakin tua umur kandungan maka perlekatan janin dengan rahim akan semakin kuat. Selain itu, seiring dengan pertambahan usia kehamilan maka produksi progesterone akan meningkat sampai dengan 400%. Progesterone merupakan hormone yang juga disebut hormone kehamilan karena berfungsi untuk menjaga keadaan rahim agar menjadi nyaman buat janin termasuk merelaksasikan/ mencegah kontraksi berlebih dari rahim.

Jadi, untuk mengurangi bahaya untuk ibu yang sedang hamil pada trisemester pertama, sebaiknya para ibu hamil menunda untuk minum susu kedelai dan juga makan makanan dari bahan pangan yang terbuat dari kedelai. Jangan sampai karena hal sepele seperti ini justru membuyarkan harapan yang telah diimpi-impikan.(kaskus)

Cara Cepat Hamil


IniCaraku.com Search form