Loading...

Bayi Tidur Tengkurap, Ini Manfaatnya

Banyak orang yang khawatir dan melarang bayi untuk tidur tengkurap. Namun, tahukah Anda kalau tidur tengkurap justru bermanfaat untuk si bayi?

Berikut adalah empat manfaat bayi tidur tengkurap, seperti yang dikutip dari Tabloid Nakita dan diterbitkan laman kompas:

  1. Membuat bayi tidur lebih nyaman, nyenyak, dan bisa mengurangi tangisnya.
  2. Gerak pernafasan dan perkembangan motoriknya lebih baik.
  3. Mencegah terjadinya kepala gepeng atau peyang. Ingat, tidur dengan satu posisi terus-menerus, seperti telentang atau miring bisa menyebabkan kepalanya gepeng. Karenanya, lebih baik bayi berganti-ganti posisi tidur, salah satunya dengan posisi terngkurap.
  4. Dengan mampunya si kecil tengkurap (bisa tengkurap sendiri) akan mempermudahnya dalam menapaki kemampuan motorik kasar selanjutnya seperti berguling, merangkak, berdiri hingga berjalan.

Namun demikian, meski ada begitu banyak manfaat tidur tengkurap untuk bayi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai bayi tidur tengkurap:

loading...

Bayi prematur tidak disarankan untuk tidur tengkurap, alasannya karena fungsi organ tubuhnya belum matang. Kemudian pada bayi kecil atau yang belum bisa mengangkat kepala/tengkurap sendiri, selama tidur tengkurap ia harus selalu diawasi.

Loading...
Bayi Tidur Tengkurap, Ini Manfaatnya | inicarak | 4.5