Loading...

Beragam Kandungan dan Manfaat dari Buah Ciplukan

Buah Ciplukan atau yang bernama latin Physalis Angula merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman herbal yang berjenis semak semusim. Tanaman ciplukan ini biasanya ditemui di pinggir selokan dan pada tanah kosong yang permukaannya tidak terlalu becek. Ladang, pinggir sungai, kebun, serta lereng tebing sungai adalah beberapa contoh tempat dimana tanaman herbal ciplukan ini bisa hidup dengan subur. Sedangkan dari segi ketinggiannya, tanaman ciplukan sendiri bisa tumbuh dengan baik pada daratan yang memiliki tinggi berkisar antara 0-1800 meter dari permukaan laut.

Tanaman dengan tinggi 30 hingga 80 cm ini memiliki batang tegak berkayu yang lunak dan berwarna hijau. Sedangkan dari daun, daun tanaman ciplukan memiliki ukuran sekitar panjang 5 hingga 15 cm serta lebar berkisar 2 sampai 10 cm, bentuknya bulat telur dengan ujung yang meruncing. Bunga ciplukan pun bentuknya terbilang unik karena menyerupai lonceng dengan kelopak berlekuk lima dengan warna kuning cerah dengan semburat noda kuning tua dan coklat di leher bagian dalamnya. Bunga itu terlihat makin cantik dengan dilengkapi benang sari berwarna kuning pucat dan kepala sari berwarna biru muda.

Selain bunganya yang cantik, ciplukan juga terkenal akan kandungan tanamannya yang terbukti dapat bermanfaat bagi tubuh. Adapun kandungan dalam tanaman ciplukan ini antara lain; Asam Klorogenik atau Chlorogenik Acid, C27H440-H20, Asam sitrun serta fisalin, Asam malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantn, Vitamin C, Saponin, Flavonoid, Polifenol, Withangulatin A, Asam palmitat dan asam stearat, Glukosa, dan Asam claidic atau Claidic Acid.

loading...

Setelah membahas tentang kandungan buah ciplukan, maka di bawah ini akan diulas secara mendalam tentang manfaat dari buah ciplukan ini sendiri. Manfaat buah yang biasa dijadikan obat herbal ini adalah sebagai berikut:

  1. Bisa dijadikan sebagai obat anti-hiperglikemi, anti-bakteri, anti-virus, imunostimulan, serta imunosupresan.
  2. Selain itu, buah ciplukan juga bisa dimanfaatkan sebagai obat anti-inflamasi, anti-oksidan, analgesik, anti-tumor, serta sitotoksik.
  3. Dapat meluruhkan urine dan membersihkan ginjal.
  4. Dapat menetralkan racun.
  5. Dapat meredakan batuk.

Itulah tadi rangkaian kandungan dan manfaat dari buah ciplukan, semoga saja beranfaat!

Loading...
Beragam Kandungan dan Manfaat dari Buah Ciplukan | inicarak | 4.5