Loading...

Berbagai Jenis Masalah Kerusakan Rambut dan Cara Mengatasinya

Tiap-tiap jenis rambut dan permasalahannya membutuhkan perawatan yang berbeda. Sebelum menata rambut dan melakukan perawatan, kenali dahulu kondisi serta jenis rambut Anda. Mulai dari pemilihan masker alami yang baik untuk kesehatan rambut, pelembab yang cocok, hingga kondisioner apa yang seharusnya dipakai. Metode ini membantu memberikan kelembutan rambut dan membuat rambut lebih bersinar.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah rambut berdasarkan jenis masalah yang dialami oleh rambut.

1. Rambut Lepek

loading...

Penyebab rambut lepek
Rambut lepek diakibatkan karena produksi minyak yang berlebih pada rambut yang tipis. Minyak berlebih ini menyebabkan rambut terlihat tidak mengembang atau lepek.

Cara mengatasi rambut lepek
Gunakan shampo yang diperuntukan untuk rambut normal atau berminyak agar minyak pada kepala dapat dikurangi. Saat keramas, jangan menggosok kulit kepala terlalu keras karena dapat menyebabkan produksi minyak meningkat. Lalu sesuaikan model rambut, misalnya dengan mengeriting rambut agar terlihat lebih bervolume. Tetapi jangan lupa melakukan perawatan setelah dikeriting.

2. Rambut Bercabang

Penyebab rambut bercabang
Rambut bercabang disebabkan karena rambut yang kering. Rambut bisa kering jika Anda sering menggunakan perangkat yang menimbulkan panas pada rambut seperti hair dryer dan curling iron.

Cara mengatasi rambut bercabang
Agar rambut tidak kering dan bercabang, gunakan pelembab setelah keramas atau sebelum menggunakan hair dryer dan curling iron. Jangan biarkan rambut terjemur sinar matahari secara berlebihan. Gunting bagian bawah rambut yang bercabang atau melakukan triming secara teratur.

3. Rambut Mudah Patah

Penyebab rambut patah
Rambut yang rapuh dan mudah patah disebabkan kurangnya konsumsi protein.
Penyebab lainnya yang umum terjadi karena kesalahan pada saat menyisir rambut atau menata rambut.

Cara mengatasi rambut patah
Tingkatkan konsumsi kacang tanah, almond, polong-polongan, gandum, telur, susu, keju, atau daging merah. Coba gunakan sisir kayu atau yang lembut dan hindari untuk menyisir rambut telalu keras. Bila Anda sering menggunakan hair dryer, perhatikan teknik penggunaannya agar tidak merusak rambut.

4. Rambut Keriting dan Kusut
Rambut kusut memang tidak enak dilihat. Agar mudah diatur dan tidak kusut, Anda dapat menggunakan sisir bergigi jarang pada saat menyisir dan lakukan secara perlahan. Berikan pelembab pada rambut agar rambut terasa licin dan tidak kusut.

5. Rambut Kaku dan Sulit Diatur
Untuk masalah rambut kaku dan sulit diatur, gunakan kondisioner setelah keramas.

Cara lain adalah dengan memilih model rambut yang memakai teknik penipisan atau tekturisasi sehingga rambut tidak terlihat terlalu kaku.

6. Rambut Bersih dan Rapi
Setiap orang mungkin merasa khawatir sewaktu mendapati uban di kepala, rambut yang rontok, ketombe, dan berbagai masalah rambut. Banyak pilihan untuk mengatasinya. Dari cara mudah seperti menyemir rambut hingga menggunakan perawatan dan pengobatan tertentu.

Memberi nutrisi yang baik kepada tubuh dan rambut Anda serta memperbaiki sirkulasi darah ke kulit kepala sangat penting. Namun yang terpenting adalah menjaga rambut tetap bersih dan rapi.

Loading...

Hasil pencarian:

akibat menarik rambut sampai bunyi, membasahi rambut setiap hari, efek menarik rambut sampai berbunyi, bahaya menarik rambut sampai berbunyi, menarik rambut sampai bunyi saat sakit kepala, manfaat membasahi rambut setiap hari, urutan perawatan rambut, cara memperbaiki catok rambut, cara memperbaiki catok, Akibat gonta ganti minyak rambut, cara keramas yang benar untuk rambut kering, manfaat mengepang rambut, cara memperbaiki catok rambut yang tidak panas, Cara perbaiki catokan rambut, akibat gunta ganti minyak rambut
Berbagai Jenis Masalah Kerusakan Rambut dan Cara Mengatasinya | inicarak | 4.5