Loading...

Bermacam Kandungan dan Manfaat Buah Belimbing Sayur

Tahukah anda belimbing sayur? Jika masih kebingungan dengan nama buah yang satu ini, masyarakat pada umumnya senantiasa menyebutnya dengan nama belimbing wuluh. Belimbing sayur tidak memiliki bentuk seperti buah belimbing pada umumnya, bentuk buah yang bisa menjadi bahan masakan ini berbentuk lonjong dan berukuran kecil. Fungsi belimbing wuluh salah satunya adalah membantu para ibu rumah tinggi jika ingin memasak makanan, rasa asam si belimbing wuluh ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat rasa masakan.

Selain menjadi bahan masakan, ternyata masih ada banyak manfaat yang bisa diberikan oleh belimbing wuluh ini, utamanya manfaat dari segi kesehatan dan kecantikan. Hampir semua bagiannya dapat memberikan manfaat, dari mulai daun, batang, bunga, dan juga buahnya. Mengapa bisa demikian? Karena dalam bagian-bagian tersebut terdapat kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan-kandungan tersebut diantaranya saponin, tanin, kalsium, vitamin C yang kadarnya tinggi dan juga glukosa.

Adapun beberapa manfaat dari belimbing sayur antara lain:

loading...

1. Sebagai obat sariawan.
Karena kandungan Vitamin Cnya yang sangat tinggi, belimbing wuluh ini dapat mengobati sariawan. Cara pemakaiannya cukup dengan menempelkan buahnya pada bagian mulut yang terkena sariawan.

2. Sebagai obat sesak napas.
Cara pengobatannya yakni dengan merebus bunga belimbing sayur dengan air serta gula batu. Air rebusan tersebut kemudian dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam satu hari.

3. Sebagai obat batuk kering.
Berkat kalium yang dikandung belimbing sayur, dahak akan mudah encer dan keluar. Caranya yakni dengan merebus 3 biji buah belimbing sayur dengan 3 gelas air dan dikonsumsi setiap pagi.

4. Sebagai obat hipertensi.
Cara pengobatannya adalah dengan merebus 3 buah belimbing sayur dengan 25 gr biji sari gading yang sudah ditumbuk halus dan air sebanyak 4 gelas. Setelah mendidih, saring ramuan itu dan diminum stiap 1 gelas satu hari.

5. Sebagai obat diabetes.
Untuk mengobati penyakit kadar gula dalam darah atau diabates, siapkan 6 buah belimbing sayur yang dihancurkan dan rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Hasil rebusan tersebut dikonsumsi 2 kali dalam satu hari.

Loading...
Bermacam Kandungan dan Manfaat Buah Belimbing Sayur | inicarak | 4.5