Biar Masakan Jengkol Tak Lagi Bau Jengkol | IniCaraku.com

Biar Masakan Jengkol Tak Lagi Bau Jengkol

Banyak orang tak menyukai masakan berbahan dasar jengkol. Salah satu alasannya adalah karena bau mulut yang khas yang muncul setelah makan jengkol. Namun demikian, sebenarnya bau jengkol bisa diminimalisir.

Untuk meminimalisasi bau jengkol yang kurang sedap, salah satu kunci utamanya adalah pada pemakaianan bumbu. Daun salam bisa menjadi bumbu ajaib untuk mengatasi masalah bau jengkol ini.

Untuk prosesnya, masukkan jengkol bersama daun salam ke dalam air mendidih. Jangan dimasukkan saat air masih dingin sebab aroma jengkol tidak akan larut.

Proses pemasakannya bergantung pada jengkol yang digunakan; apakah jengkol yang masih muda atau jengkol yang sudah tua. Untuk mengetahui jengkol muda atau tua, lihat dari warnanya. Jengkol yang masih muda cenderung berwarna hijau pada dagingnya sementara jengkol tua berwarna sedikit kekuningan. Jengkol tua juga lebih keras dan licin saat dipegang.

Biasanya, proses pemasakan jengkol tua jauh lebih lama 30 menit ketimbang jengkol muda yang sudah cukup matang hanya dalam waktu 15 menit.

Dengan tujuan untuk menghilangkan bau jengkol, komposisi jengkol dan daun salam haruslah berimbang. Bila terlalu banyak, jengkol justru akan terasa getir saat dikonsumsi.

Untuk menghilangkan bau jingkol, cukup gunakan daun salam 10 hingga 15 lembar untuk setiap takaran setengah kilogram jengkol.