Loading...

Biar Tidak Terlihat Cepat Tua, Hindari Rokok!

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa berbagai ancaman serangan penyakit berbahaya mengintai mereka yang punya kebiasaan merokok. Kalaupun ada yang beranggapan merokok bisa memberikan manfaat bagi dirinya, itu hanyalah sebagian kecil saja. Jauh lebih banyak bahayanya daripada manfaatnya merokok.

Selain menyebabkan gangguan kesehatan seperti serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin, merokok juga bisa membuat anda terlihat cepat tua, terlebih pada wanita.

Pada wanita, mereka yang biasa merokok cenderung memiliki kulit yang lebih berkerut jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Kesimpulan itu pun bisa dibuktikan secara medis.

loading...

Dalam seminar bertajuk Food Ever Young: Food That Makes You Forever Young di FKM UI Depok, Senin (28/10), ahli kecantikan kulit dr Mira Setyorini SpKK menuturkan, “Merokok akan menyebabkan proses penuaan menjadi lebih cepat karena akan mengurangi kandungan air dalam kulit. Kemudian, kadar estrogen kulit menurun.” Efek itu tidak hanya berlaku pada perempuan, tapi juga pria dengan tingkat risiko yang sama.

Lalu, bagaimana ciri-ciri kerusakan pada kulit yang disebabkan rokok? “Pertama, kerutan lebih tampak jelas, kulit lebih kering, lebih tipis, dan yang tidak terlihat tapi berbahaya adalah meningkatnya risiko kanker kulit,” tambah dr Mira seperti yang dilansir Metrotvnews.

Loading...
Biar Tidak Terlihat Cepat Tua, Hindari Rokok! | inicarak | 4.5