Loading...

Bisakah Ibu Menyusui Hamil Lagi?

Anda, pasangan baru menikah yang baru dikarunia momongan tentu memendam banyak pertanyaan. Salah satunya adalah, bisakah istri hamil bila ia menyusui bayinya secara eksklusif?

Banyak yang beranggapan bahwa ketika ibu menyusui bayinya siang malam secara eksklusif tanpa memberikan makanan atau susu tambahan, maka si ibu tidak akan bisa hamil meski berhubungan suami istri tanpa menggunakan pelindung atau kontrasepsi. Padahal anggapan ini salah. Pasalnya, sebuah studi menyebutkan bahwa sekitar 1 dari 50 perempuan akan hamil saat menyusui secara eksklusif jika ia tidak menggunakan alat pelindung atau kontrasepsi apapun.

Ibu yang sedang menyusui bisa tetap bisa hamil meski si ibu memberikan ASI secara eksklusif. Menurut Robert Zurawin, selaku ahli ginekologi dan kesuburan, seperti yang dikutip dari Babycenter, “Secara umum menyusui memang akan membuat seorang perempuan menjadi kurang subur, tapi bukan berarti infertil (tidak subur). Jadi bisa saja ibu menjadi hamil saat masih menyusui bayinya”.

loading...

Adapun penyebab ibu yang sedang menyusui menjadi kurang subur adalah karena hormon prolaktin yang digunakan untuk merangsang keluarnya ASI di dalam tubuh ibu juga bisa mencegah terjadinya pelepasan sel telur, demikian seperti yang dikutip dari detikhealth.

Meskipun ibu yang menyusui tidak mengalami menstruasi untuk beberapa waktu selama melahirkan, tapi tubuh biasanya tetap melepaskan sel telur setelah melahirkan sebelum mendapatkan menstruasi untuk pertama kalinya. Biasanya seseorang tidak akan tahu bahwa ia sedang mengalami ovulasi sampai 2 minggu kemudian, yaitu saat ia mengalami menstruasi. Maka dari itu, ketika ada pasangan suami istri yang melakukan hubungan intim dan suami mengeluarkan spermanya di dalam, maka tetap ada kemungkinan terjadi pembuahan atau kehamilan.

Nah, untuk mencegah terjadinya kehamilan meski si ibu menyusui bayinya secara eksklusif, tetaplah menggunakan alat pelindung atau kontrasepsi ketika melakukan hubungan intim suami istri.

loading...
Loading...
loading...

Hasil pencarian:

apakah ibu menyusui bisa hamil, menyusui tidak haid apa bisa hamil, ibu menyusui hamil lagi, bisakah ibu menyusui hamil lagi, kemungkinan hamil saat menyusui, masih menyusui apakah bisa hamil, apakah ibu yang sedang menyusui bisa hamil lagi, menyusui gk bakal hamil, lagi menyusui bisakah hamil, apa benar berhubungan badan dengan istri yang menyusui tidak akan hamil, masih menyusui hamil lagi, ibu menyusui hamil bisakah, bisakah ibu menyusui hamil, kemungkinan hamil pada ibu menyusui, ibu menyusui apa bisa hamil apabila berhubungan tetapi sperma di buang keluar
Bisakah Ibu Menyusui Hamil Lagi? | inicarak | 4.5