Loading...

Buah Sawo Bisa untuk Obat Diare Hingga Sembelit

Diare merupakan penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak hingga orang tua. Diare yang dibiarkan terlalu lama tidak diobati bisa membuat penderita kekurangan cairan dalam tubuh hingga badan terasa sangat lemah.

Ada banyak obat herbal untuk mengatasi diare, di antaranya adalah buah sawo yang masih muda. Sawo yang masih muda lebih banyak getahnya, rasanya sepet.

Getah pada sawo muda bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk membantu menghentikan diare. Biasanya sawo diparut dan disaring air matang lalu minum sampai diare mampet.

loading...

Selain manfaat getah pada sawo muda, untuk obat diare bisa juga memanfaatkan daun sawo. Apalagi, jika diare dialami saat pohon sawo belum berbuah. Daun sawo bisa dimanfaatkan dengan cara diseduh air panas hingga air berwarna kekuningan dan minum sesegera mungkin.

Berdasarkan penelitian, daun dan batang sawo mengandung flavonoida. Pada daun juga terkandung saponin. Flavonoida dan saponin itulah yang memiliki peran dalam menyerap air dalam tubuh dan menghambat diare. Sementara, gula alaminya terdiri dari fruktosa dan sukrosa yang bisa menambah energi.

Sawo diketahui memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga bisa menjadi obat sembelit. Penggunaan sebagai pencahar dengan memilih sawo matang dengan kadar air yang lebih tinggi.

Selain zat flavonoid dan saponin, sawo juga memiliki kandungan tanin. Kandungan unsur tersebut bermanfaat sebagai anti peradangan, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Konsumsi tanin secara seimbang berperan pula dalam menjaga kesehatan usus dan pencernaan.

Sementara, kandungan vitamin sawo yakni vitamin C dan vitamin A. Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan vitamin A penting untuk penglihatan. Sawo diketahui pula memiliki kandungan mineral seperti kalium, besi tembaga. Senyawa ini penting untuk kesehatan proses metabolisme dalam tubuh.

Loading...

Hasil pencarian:

sawo muda utk diare, sawo untuk diare
Buah Sawo Bisa untuk Obat Diare Hingga Sembelit | inicarak | 4.5