Loading...

Cabai, Si Pedas yang Kaya Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Cabai untuk Kesehatan – Menambahkan cabai atau sambal dalam makanan dipercaya bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Meski rasa pedas cabai bisa membuat seseorang makan sambil menangis, namun cabai ternyata punya manfaat untuk kesehatan, yaitu untuk menjauhkan tubuh kita dari berbagai jenis penyakit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat cabai untuk kesehatan sebagaimana yang dikutip dari laman Times Of India:

Membakar kalori

Menurut hasil penelitian, cabai mempunyai senyawa yang memberikan efek termogenik, sehingga membuat tubuh membakar kalori lebih banyak setelah anda merasakan sensasi pedasnya.

Kesehatan jantung

Cabai juga dikenal untuk mengurangi risiko kardiovaskular. Mereka menurunkan insiden serangan jantung dan stroke karena dapat mengurangi efek merusak dari LDL (kolesterol jahat). Selain itu, bahan pembangkit nafsu makan ini juga dikatakan bisa membantu memerangi peradangan, yang merupakan faktor utama dalam masalah jantung.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam cabai memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini juga ditunjukkan untuk mendorong pembuluh darah untuk bersantai.

Mencegah kanker

Dari hasil temuan penelitian yang pernah ada, bahwa capsaicin dalam cabai memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa sel kanker. Tidak hanya itu saja, cabai juga bisa membantu mencegah stroke dan obesitas. Yang uniknya lagi, cabai juga mampu memerangi pilek. Karena itu, saat anda sedang pilek, ada baiknya anda makan makanan pedas untuk membantu meredakan penyumbatan hidung.

Meredam amarah

Makanan pedas dikatakan untuk meningkatkan produksi hormon serotonin yang membuat suasana hati bahagia. Selain itu, hormon serotonin juga membantu meringankan depresi dan meredam amarah.

Itulah beberapa manfaat cabai untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Tap ingat, meski baik untuk kesehatan, namun sebaiknya anda mengonsumsi dalam batas wajar. Karena bila anda mengonsumsi cabai secara berlebihan akan memberikan efek buruk bagi pencernaan serta bisa merusak saraf perasa pada lidah anda.

loading...
About these ads
Loading...
Cabai, Si Pedas yang Kaya Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan | inicarak | 4.5