Cara Agar BlackBerry Tidak Lambat

BlackBerry yang berjalan lambat ditandai dengan seringnya muncul ‘tanda jam’ atau ‘jam pasir’ ketika kita sedang menggunakan aplikasi di BlackBerry. Berikut ini adalah 9 tips cara membuat BlackBerry agar tidak lambat:

1. Install aplikasi yang penting saja

Kebanyakan aplikasi atau theme akan cukup menguras kemampuan dari memori. Cek kembali aplikasi-aplikasi apa saja yang kita biasa gunakan dan delete aplikasi atau theme yang menurut kita sudah jarang dipakai.

2. Hapus cache memory di browser

Baca juga: , .

Caranya: Menu BlackBerry >> Browser >> Options >> Cache Operations >> clear history

3. Biasakan lakukan clear log

Untuk menghapus log caranya: tekan alt+LG+LG >> Menu BlackBerry >> Clear Log

4. Rajin-rajin lakukan pembersihan memori

Caranya: Menu BlackBerry >> Options >> Security Options >> Memory Cleaning >> Ubah status ke posisi ENABLE >> Menu BB >> Clean Now.

5. Tutup chat di BBM yang sudah selesai

Jika Anda merasa bahwa percakapan dengan seseorang itu penting, Anda dapat menyimpan percakapan tersebut di media card dengan melakukan setting di BBM – Options – Cari Save Chat History lalu pilih media card.

Namun jangan sampai, aktivitas percakapan yang sudah selesai jauh-jauh hari tetap Anda biarkan. Bijaklah menggunakan BBM, dimana salah satu caranya menutup aktivitas chat setiap obrolan selesai.

6. Batasi group BBM

Group BBM adalah penyumbang terbesar ‘sampah’ yang membuat BlackBerry kita menjadi lemot. Carilah group BBM yang benar-benar berguna, teman-teman kita yang lain toh masih bisa dihubungi melalui BBM pribadi, email, Twitter atau lainnya.

7. Maksimalkan penggunaan memori eksternal
Penyimpanan foto, lagu, video dan lainnya sebaiknya disimpan ke dalam memori eksternal atau media card.
Caranya setting: Menu BlackBerry >> Options >> Memory >> Ganti status media Card Support menjadi ON.

8. Hapus email yang tidak diperlukan

Ini juga menjadi salah satu penyumbang lemot, terutama email yang memiliki attachment cukup besar. Saat anda melakukan delete biasanya akan muncul pilihan On Mailbox & Handheld (email di BlackBerry dan di Mailbox Server akan dihapus) atau On Handheld (hanya email di BlackBerry saja yang dihapus).

Kalau email yang akan anda hapus itu dirasa masih cukup penting, cukup pilih On Handheld saja. Email aslinya masih akan tersimpan di Mailbox (Yahoo, Google, atau klien email Anda lainnya).

9. Kembali ke pengaturan awal

Tips yang paling ampuh saat BlackBerry Anda lemot adalah:
Soft Reset: Tekan bersamaan tombol Alt – Caps/tombol aA (sebelah kanan dekat tombol sym) – tombol del — selesai (Khusus BlackBerry yang menggunakan keyboard)

Hard Reset: Biasa dikenal pula dengan istilah cabut baterai. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi energi/daya listrik yang tertinggal. Biarkan selama maksimal 1 menit kemudian pasang kembali baterainya.

Silahkan dicoba dan semoga tips cara menghilangkan jam pasir dengan mengatasi BlackBerry agar tidak lambat diatas dapat bermanfaat.

About these ads

loading...

Bila Ponsel Basah Kena Air, Ini Cara Mengatasinya - Ada banyak hal yang menyebabkan ponsel terkena air. Misalnya karena kehujanan di jalan atau mungkin ponsel jatuh di toilet. Curah hujan yang tinggi beberapa waktu ini juga memungkinkan ponsel terendam banjir. Karena banjir, semua barang harus kita...

5 Tips Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android yang Lemot - Kecepatan akses seperti menu, game, atau aplikasi lainnya merupakan salah satu alasan yang menjadi pilihan untuk memilih sebuah smartphone Android. Namun sayang, karena beberapa faktor, smartphone yang tadinya berjalan dengan lancar dan tanpa...

Nokia X Paket Bundling Simpati, Ini Harga dan Spesifikasinya - Nokia X adalah smartphone Android pertama dari Nokia setelah perusahaan asal Finlandia tersebut bergabung dengan perusahaan raksasa komputer, Microsoft. Brand ponsel asal Finlandia yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya ini memang berhasil...

Cara Menghentikan SMS Iklan Promosi di Kartu Telkomsel (AS, Simpati dan HALO) - Telkomsel termasuk salah satu operator seluler yang rajin memberikan penawaran, lebih tepatnya iklan, kepada pelanggan. Tujuannya mungkin saja baik, yaitu untuk memberikan informasi yang mungkin dibutuhkan oleh pelanggan. Namun disisi lain, sms...

Cara Merubah Tampilan Menu Bahasa Indonesia di Android - Tidak semua orang familiar atau paham dengan bahasa Inggris. Karena itu maka kemudian untuk mengatasinya adalah dengan merubah tampilan menu dan perintah perangkat Android ke atau menjadi bahasa Indonesia. Untuk cara merubah tampilan bahasa di...

3 Cara Mudah Menghindari Ancaman Radiasi Ponsel - Banyak orang yang merasa khawatir dengan bahaya dari radiasi ponsel. Meski dalam Ilmu Kedokteran sendiri masih pro kontra, belum ada kepastian akan bahaya penggunaan ponsel untuk kesehatan tubuh, namun tak ada salahnya bila kita mencegah nya sejak...

Cara Reset Password Login atau Pola (pattern) Android Cross A25 - Tulisan ini terinspirasi dari kasus ponsel Android layar sentuh Cross A25 adik saya yang karena dibuat mainan adiknya adik saya tiba-tiba saja minta data untuk login ke akun Android. Sudah dicoba-berkali-kali tetap tidak bisa. Maklumlah, sebelumnya...