Cara Agar Mata Tidak Cepat Lelah dan Nyeri di Depan Gadget/Komputer | IniCaraku.com

Cara Agar Mata Tidak Cepat Lelah dan Nyeri di Depan Gadget/Komputer

Mungkin karena masih baru atau memang maniak gadget, pengguna kadang sampai lupa diri sehingga membuat mata jadi nyeri karena terus menerus memelototin gadget-nya tersebut tanp ingat waktu. Bahkan kadang saat mau tidur malam atau baru bangun tidur pun masih menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan gadget-nya.

Penyebab mata jadi pedih dan nyeri saat menggunakan gadget terus-menerus adalah LCD backlit pada gadget tersebut. Penyebabnya otot mata menjadi mudah lelah karena radiasi yang ditimbulkan oleh LCD backlit.

Berikut ini beberapa tips cara untuk membuat mata tetap segar, saat kita berinteraksi dengan gadget.

1. Sering mengedipkan mata
Saat sedang berinteraksi dengan gadget, mata harus berkedip 2-3 kali lebih banyak dari mata normal. Tujuannya adalah untuk menghindari kekeringan pada mata. Sebaiknya Anda juga menyempatkan juga untuk beristirahat saat mata terasa mulai lelah.

2. Gunakan teknik 20/20/20
Setiap 20 menit, lihatlah objek sejauh 20 kaki, dengan 20 detik pandangan yang diarahkan ke objek yang berbeda.

3. Sesuaikan kondisi cahaya ruangan
Gunakan cahaya ruangan yang cukup saat berinteraksi dengan LCD backlit. Misalnya saja dengan menyalakan lampu meja atau kamar. Tujuannya adalah untuk mencegah mata mendapat sorotan langsung dari LCD backlit, dan hasilnya otot mata pun menjadi tidak cepat lelah.

4. Konsultasi dokter jika butuh
Kalau pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk bekerja selama satu hari penuh di depan monitor komputer setiap harinya, sebaiknya bisa meminta saran pada dokter untuk menggunakan lensa anti radiasi. Tujuannya untuk mencegah mata menjadi silinder, karena tuntutan pekerjaan.

Semoga informasi cara mencegah agar mata tidak cepat lelah dan nyeri saat bekerja di depat gadget / komputer di atas bisa bermanfaat.