Loading...

Cara Agar Ponsel Tidak Terinfeksi Virus

Tidak hanya komputer, virus sekarang ini juga banyak menyerang perangkat ponsel, khususnya smartphone. Semakin canggih sistem yang ada di ponsel anda maka semakin rentan pula ponsel anda dari serangan virus. Simak beberapa tips cara agar ponsel tidak terinfeksi virus dibawah ini:

1. Ponsel = PC
Ukuran Ponsel memang tidak sebesar PC. Namun secara teknologi, ponsel cukup serumit PC. Untuk itu, cobalah untuk memperlakukan ponsel layaknya PC. Termasuk dalam urusan menjaga keamanannya.

2. Hindari Sumber Tidak Jelas
Seperti di komputer, jangan mengunduh software apapun dari sumber/situs tidak jelas atau yang tidak terpercaya. Rasa waspada juga perlu ditingkatkan dalam hal sharing aplikasi dengan orang asing. Pastikan sistem operasi ponsel Anda selalu up to date.

loading...

3. Selektif Sinkronisasi
Ponsel bertipe smartphone dewasa ini membutuhkan aksi sinkronisasi guna terhubung dengan perangkat lain. Tak terbatas pada perangkat handheld, sinkronisasi biasanya dilakukan dengan komputer desktop dan notebook. Aktivitas ini rupanya juga dapat menjadi jalan masuk untuk cyberbugs.

4. Bluetooth
Bluetooth bak ‘jendela’ terbuka di dalam sistem perangkat Anda. Ketika akses ini dibuka, maka orang luar bisa masuk dengan mudahnya. Untuk itu, lebih baik matikan fitur Bluetooth, dan baru aktifkan jika diperlukan.

5. Backup
Jika dianggap data-data di dalam ponsel Anda sangat penting, tak ada salahnya untuk mengambil langkah backup. Anggap saja mempersiapkan diri untuk menghadapi hal terburuk.

6. Pakai Antivirus?
Sejumlah perusahaan antivirus saat ini sudah mulai melirik ponsel pintar sebagai target pasar. Jika Anda ingin lebih aman, tidak ada salahnya menggunakan salah satu produk mereka. Jika tidak pun tak masalah, asal hati-hati.

Semoga tips cara aman agar ponsel tidak terinfeksi virus diatas dpata bermanfaat.

Loading...
Cara Agar Ponsel Tidak Terinfeksi Virus | inicarak | 4.5