Cara Agar Tidak Ngorok atau Mendengkur Saat Tidur | IniCaraku.com

Cara Agar Tidak Ngorok atau Mendengkur Saat Tidur

Ngorok atau mendengkur kelihatannya adalah hal yang sepele. Namun sebaiknya anda perlu waspada, pasalnya mendengkur ternyata bisa jadi akan membuat kesehatan anda terganggu, dan lebih parahnya lagi bisa berakibat pada kematian.

Selain bunyi dengkuran keras yang sangat mengganggu teman tidur, pendengkur berat umumnya mengalami gangguan sumbatan pernapasan saat tidur (obstructive sleep apnea/OSA) sehingga terjadi hentian napas yang dapat terjadi sampai beberapa ratus kali dalam semalam.

Jika terjadi setiap hari, hal ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit antara lain kelainan sistem pembuluh darah jantung seperti tekanan darah tinggi, aritmia jantung, infark otot jantung, kegagalan jantung, transient ischemic attact dan stroke.

Lalu, bagaimana cara menghentikan kebiasaan mengorok atau mendengkur ?

Untuk anda yang ingin menghentikan atau bahkan menghilangkan kebiasaan mendengkur, cobalah beberapa tips ringan untuk menghilangkan kebiasaan ngorok anda.

1. Pertahankan berat ideal
Walaupun orang kurus juga bisa mendengkur, namun mendengkur tiga kali lebih sering dialami oleh mereka yang berbadan gemuk.

2. Hindari alkohol
Alkohol menyebabkan otot-otot dalam jalan napas menjadi terlalu santai sehingga kemungkinan mendengkur saat tidur semakin besar. Begitu pula obat-obatan penenang atau obat tidur. Sebaiknya hindari minum alkohol 4 jam sebelum tidur.

3. Matikan rokok
Asap rokok membuat jaringan-jaringan, baik di tenggorokan maupun hidung mengalami iritasi, sampai bengkak dan menyumbat aliran udara.

4. Posisi tidur
Tidur dengan posisi miring sangat dianjurkan untuk mengurangi kemungkinan mendengkur, dibanding posisi telentang. Pada saat tidur telentang, lidah akan tertarik ke belakang dan menghambat pernapasan sehingga menimbulkan dengkur.

5. Naikkan posisi kepala dan pundak
Tidur dengan posisi bagian atas lebih tinggi daripada bagian bawah dapat membantu mencegah dengkur karena dalam posisi demikian lidah tidak akan “jatuh” menutup jalan napas. Akan tetapi jangan mengganjal kepala Anda dengan tumpukan bantal karena akan membuat pegal dan tenggorokan tertekuk sehingga suara dengkuran semakin kencang. Sebagai gantinya, angkatlah bagian kepala tempat tidur atau ganjal kaki tempat tidur bagian kepala agar posisinya naik 10-13 cm.

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan dan ternyata kebiasaan mendengkur anda tidak juga hilang, mungkin anda perlu pergi ke dokter untuk prosedur medis.