Cara Alami Menghilangkan Gatal dan Luka Bekas Digigit Nyamuk | IniCaraku.com

Cara Alami Menghilangkan Gatal dan Luka Bekas Digigit Nyamuk

Nyamuk adalah serangga yang sering mengigit manusia atau hewan. Gigitan nyamuk ini akan menimbulkan bekas berupa bentol dengan warna merah serta rasa gatal daerah bekas gigitan. Jika terus digaruk maka kulit bisa jadi luka dan iritasi.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa gatal dan bentol bekas gigitan nyamuk:

1. Kantong Teh
Selain mengurangi bengkak di bawah mata, kantong teh juga dapat mengurangi pembengkakan pada bekas gigitan nyamuk, tandas Schultz. Kandungan tanin dalam teh berfungsi sebagai astringent yang menarik keluar cairan dari gigitan.

2. Baking Soda
Natrium bikarbonat adalah senyawa alkali ringan yang dapat membantu menetralkan keseimbangan pH kulit. Efek penyangga ini dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi pada permukaan kulit sehingga mengurangi rasa nyerinya.

Cobalah larutkan baking soda ke dalam bak hangat dan berendamlah selama 30 menit atau bisa juga dengan mencampur baking soda ke dalam sedikit air lalu dioleskan langsung ke bekas gigitan.

3. Cuka
Cuka dapat membantu menghentikan rasa gatalnya. Masukkan 2-3 cangkir cuka dalam bak air hangat untuk mengobati semua gigitan atau menaruh beberapa tetes cuka pada kapas lalu dioleskan pada bekas gigitan. Lebih baik lagi jika menggunakan cuka sari apel.

4. Madu
Pemanis alami ini memang terkenal karena berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, termasuk sifat antiinflamasi dan antibakterinya sehingga tidaklah mengejutkan jika madu juga dapat mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk. Untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk, oleskan madu di lokasi bekas gigitan nyamuk.

5. Menampar atau Mencubit
Memang terdengar konyol, tetapi kedua cara ini benar-benar bisa bekerja. Nyeri yang diakibatkan oleh tamparan rasanya lebih besar dari gatal. Lagipula meskipun sensasinya lebih mengejutkan, tapi tidak mengganggu seperti layaknya rasa gatal. Tamparan atau cubitan ini justru akan mengalihkan perhatian otak Anda dari sensasi rasa gatal.

Pastikan juga bahwa saat Anda digigit nyamuk, jangan kemudian menggaruk daerah bekas gigitan nyamuk. Menggaruk kulit secara berlebihan bisanya menyebabkan luka dan iritasi. Jika rasa gatal tak tertahankan, cobalah untuk menggaruk menggunakan ujung jari, jangan menggunakan kuku.

IniCaraku.com Search form