Loading...

Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Meski kutu rambut tidak bisa menularkan penyakit, namun adanya kutu rambut sangatlah mengganggu. Orang yang ada kutu rambut di kepalanya maka akan menjadikan kulit kepala menjadi gatal, akhirnya sering menggaruk kepalanya. Kulit kepala yang gatal ini adalah akibat kutu rambut atau orang jawa menyebutnya dengan nama tumo yang sedang makan, menghisap darah di kepala.

Cara menghilangkan kutu rambut paling ampuh adalah dengan menggunakan obat berbahan kimia, peditox misalnya. Namun penggunaan obat ini harus hati-hati, karena kalau tidak tahan atau penggunaannya terlalu banyak bisa membuat pusing atau muntah.

Selain menggunakan obat bahan kimi untuk membunuh kutu rambut, ada cara alami untuk menghilangkan kutu rambut yang bisa dicoba.

1. Minyak kayu putih dan jeruk nipis
Anda membutuhkan beberapa sendok minyak kayu putih sedikit air perasan jeruk nipis. Campurkanlah kedua bahan tersebut. Untuk cara penggunaannya cukup dengan cara membasahi rambut menggunakan campuran tersebut, kemudian pijatlah kulit kepala dan remas-remaslah rambut dengan merata selama beberapa menit.

Tutuplah kulit kepala dengan topi mandi plastik dan biarkan cairan bekerja selama sekitar satu jam. Setelah itu keramasilah rambut Anda sampai bersih. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Ulangi cara ini beberapa kali dalam seminggu sampai rambut Anda benar-benar bersih dari kutu.

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa atau dalam bahasa Jawa disebut juga dengan minyak klentik tidak hanya bisa digunakan untuk menggoreng. Oleh simbah saya, minyak klentik juga biasanya digunakan sebagai minyak rambut. Dan ternyata penggunaan minyak kelapa sebagai minyak rambut ini ada manfaatnya lho… Minyak kelapa ternyata bisa memasuki saluran pernafasan kutu dan membunuh kutu rambut dengan membuat lemas dan dehidrasi.

Untuk cara menggunakan minyak kelapa sebagai pembunuh kutu rambut cukup dengan mengusapkan seperti menggunakan minyak rambut di kepala. Remas-remas rambut kepala sampai minyak kelapa merata. Bungkus kepala dengan topi mandi plastik dan bawalah untuk tidur. Setelah pagi, basuh kepala Anda untuk membersihkan minyak. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Lakukan tiga malam berturut-turut. Periksa kembali rambut anak dan ulangi hanya jika diperlukan.

3. Cuka putih
Sebenarnya cuka putih ini tidak untuk membunuh kutu rambut, tapi hanya sekedar untuk memudahkan telur-telur kutu lepas dari rambut. Manfaat cuka putih lainnya adalah sebagai antiseptik sehingga bisa membersihkan jamur dan bakteri di kepala.

Cara menggunakannya cukup dengan membasahi kulit kepala menggunakan air cuka. Tutup kepala dengan topi mandi plastik sekitar 30 menit agar cuka bisa meresap dan bekerja. Selanjutnya sisirlah rambut dengan sisir khusus untuk mengeluarkan kutu dan telur-telurnya. Dengan cara ini, telur kutu rambut yang sebelumnya sangat lengket di rambut akan bisa dengan mudah terlpas. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Ulangi cara ini beberapa kali sampai rambut Anda bebas dari kutu maupun anak kutu rambut.

loading...
Loading...
Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut | inicarak | 4.5