Loading...

Cara Alami untuk Mengobati Varises

Varises adalah tonjolan pada otot kaki akibat tidak lancarnya peredaran darah. Varises bisa menyebabkan area kaki yang terkena varises terasa nyeri, gatal, rasa terbakar dan kram pada malam hari.

Bila tidak segera diambil tindakan, varises bisa membatasi aktivitas seseorang. Selain itu, munculnya varises bisa mengganggu penampilan seseorang, apalagi bila sedang memakai celana atau rok pendek dengan kondisi lutut ke bawah tidak tertutup.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tip yang bisa dijadikan referensi untuk mengobati keluhan masalah varises di kaki Anda. Seperti yang dikutip dari Magforwomen, berikut ulasannya.

loading...

1. Rajin olahraga
Berolahragalah setiap hari. Duduk atau berdiri di satu tempat selama berjam-jam bisa menyebabkan varises. Karena itulah, untuk mencegah varises, Anda disarankan untuk bergerak atau melakukan peregangan, berjalan, jogging atau berenang, agar sirkulasi darah dalam tubuh lancar.

2. Jangan menggunakan celana ketat dan sepatu berhak tinggi
Memakai sepatu berhak tinggi, memakai pakaian ketat di sekitar pinggang, kaki, dan daerah pinggul bisa jadi penyebab kaki Anda mengalami varises. Karena semua kebiasaan tersebut bisa menghambat suplai darah dan memengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Konsumsi banyak buah blackberry dan ceri
Banyak makan buah blackberry dan ceri bisa menangkal masalah varises vena. Buah-buahan ini merupakan sumber alami antosianin dan proanthocyanidins yang meningkatkan kelancaran aliran darah dan menangkal risiko varises.

4. Konsumsi ramuan berangan kuda
Ramuan berangan kuda adalah obat yang baik untuk mengatasi varises di kaki Anda. Ini karena komponen “aescin” hadir dalam ramuan hingga melindungi dinding kapiler vena yang rusak. Di samping itu, ramuan ini juga menenangkan endotelium kapiler dan mengurangi permeabilitas kapiler melalui pembuluh darah yang menjamin sedikitnya kesempatan mengalami varises.

5. Manfaatkan rimpang
Salah satu obat kuno yang digunakan untuk mengobati varises adalah rimpang. Pasalnya, semak ini memiliki senyawa aktif yang disebut ruscogenins, glikosida steroid yang anti-inflamasi, dan memiliki efek penyembuhan pada darah.

6. Pijat dengan minyak jarak
Setelah mandi, Anda bisa memijat dengan lembut daerah varises dengan minyak jarak. Cara ini akan membantu meningkatkan sirkulasi limfatik, membawa penurunan peradangan, dan mengurangi rasa sakit.

Loading...
Cara Alami untuk Mengobati Varises | inicarak | 4.5