Loading...

Cara Ampuh untuk Mengatasi Lidah yang Kepedasan

Saat makan makanan yang pedas maka lidah kita akan merasa seperti terbakar. Jika demikian, maka yang pertama ada dipikiran kita untuk meredakan rasa pedas tersebut tentunya adalah minum air putih yang banyak. Namun benarkah demikian?

Minum air putih saat lidah kepedasan sebenarnya merupakan cara yang kurang tepat. Karena bila ini dilakukan justru akan membuat ras apedas menyebar ke seluruh bagian mulut. Demikian sebagaimana yang dikutip dari laman IndiaTimes.com.

Cara Menyembuhkan Rasa Panas Terbakar di Lidah yang Kepedasan

Untuk meredakan dan menyembuhkan lidah yang terasa panas terbakar karena kepedasan, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Minum susu, es krim, atau yogurt

Kapsaisin, yaitu zat kimia yang menimbulkan rasa pedas. Rasa pedas ini muncul karena kapsaisin menciptakan isyarat yang sama bagi otak seperti saat kulit terkena panas. Berbeda dengan panas, rasa panas dari lidah ini hanya “rasa”, bukan terbakar sesungguhnya. Zat kapsaisin sendiri biasanya terdapat pada cabai, paprika dan makanan pedas lainnya.

Produk susu seperti susu segar dan yoghurt mengandung protein yang disebut kasein. Protein ini dapat membantu menguraikan kapsaisin dan meringankan sensasi terbakar saat kepedasan. Produk susu lainnya seperti mentega, keju cottage, krim asam dan keju biasa juga bisa membantu.

2. Makan satu sendok makan gula

Manisnya gula dapat menetralkan pedas. Gula bergranulasi dan madu dapat mengurangi sensasi “membakar” pada lidah. Gula dapat menyerap minyak pedas dan memberikan rasa berbeda pada lidah. Untuk mengatasi rasa pedas di lidah, anda bisa berkumur dengan air gula dan biarkan tetap di dalam mulut selama beberapa saat hingga rasa pedas di lidah berkurang.

3. Makan roti, nasi, atau kentang

Karbohidrat dalam makanan ini mengandung zat tepung yang menciptakan sebuah penghalang antara kapsaisin dan rasa dalam mulut anda. Karbohidrat juga menyerap beberapa kapsaisin, sehingga bisa mengurangi penderitaan kita saat kepedasan.

4. Air lemon

Jus lemon memiliki efek alkali pada tubuh Anda, dan dapat membantu menetralkan keasaman rempah-rempah yang membuat kita kepedasan. Buah lainnya seperti jeruk, anggur, tomat dan nanas juga dapat membantu.

Itulah beberapa cara meredakan rasa panas seperti terbakar di lidah setelah memakan makan pedas yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads
Loading...
Cara Ampuh untuk Mengatasi Lidah yang Kepedasan | inicarak | 4.5