Loading...

Cara Atasi Bau Menyengat Pada Kaki

Bau kaki sangat mengganggu tentunya. Bau pada kaki ini biasanya muncul begitu kita membuka sepatu. Bau pada kaki biasanya disebabkan oleh kaki yang lembab, misalnya saat kaki masih basah langsung memakai sepatu, sepatu yang kotor dan lainnya. Ada juga bau kaki yang disebabkan oleh faktor keturunan.

Namun penyebab bau kaki yang paling sering adalah dikarenakan oleh kaki yang berkeringat dan penggunaan sepatu yang sama setiap harinya. Kaki yang berkeringat bisa terjadi kapan saja dan terutama terjadi ketika cuaca sedang panas terik.

Tahukah anda bahwa orang yang rentan mengalami masalah bau kaki yaitu remaja dan wanita hamil? Hal itu dikarenakan adanya perubahan hormonal yang membuat mereka berkeringat lebih banyak. Selain itu, kondisi stres dan hiperhidrosis (berkeringat berlebihan), serta infeksi jamur pada kaki juga bisa menyebabkan bau kaki.

loading...

Cara Mengatasi Masalah Bau Kaki Tidak Sedap dan Menyengat

Memiliki masalah dengan bau kaki tidak sedap dan menyengat tentulah tidak menyenangkan dan terasa begitu mengganggu. Karena itu, ada beberapa teknik cara mengatasi dan menghilangkan bau pada kaki yang bisa dilakukan. Seperti misalnya:

1. Istirahatkan Kaki dan Beri Udara
Sering-seringlah mengistirahatkan kaki kamu, copotlah sepatu kamu pada saat-saat tertentu. Alternatofnya gunakan sandal agar kakimu tidak terus tertutup dan mendapatkan cukup udara.

2. Buang Lapisan Kulit Mati
Kulit mati bisa jadi penyebab kaki lembab dan berbau. Gunting kuku secara teratur agar tidak menjadi sarang kuman dan buanglah sel kulit mati tersebut.

3. Gunakan Kaos Kaki Katun
Jangan menggunakan kaos kaki lebih dari satu hari, rajin-rajinlah mencuci kaos kaki. Jangan lupa pilihlah kaos kaki dengan bahan kain katun atau bahan yang tidak menyerap keringat.

4. Rendam dalam Air Garam
Seminggu sekali rendam kaki dengan air hangat yang sudah diberi garam. Lakukan hal ini selama 10-15 menit agar kuman penyebab kaki bau menjadi hilang.

5. Jaga Pola Makan
Berhati-hatilah mengkonsumsi makanan karena bisa saja makanan tersebut menimbulkan bau pada kaki kamu. Salah satu makanan yang bisa menyebabkan kaki kamu bau adalah bawang bombay.

Selain dengan beberapa cara untuk mengatasi masalah bau kaki yang menyengat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya bau kaki tidak sedap.

Cara Mencegah Munculnya Bau Kaki yang Menyengat

Berikut ini adalah beberapa kiat sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah bau kaki:

Sebaiknya hindari mengenakan sepatu yang sama selama 2 hari berturut-turut. Setelah sepatu selesai dipakai, sebaiknya angin-anginkan sepatu paling tidak selama 24 jam.

Sebelum memakai kaus kaki atau sepatu, pastikan kaki sudah dalam kondisi kering.

Bila memungkinkan, sebaiknya ganti kaus kaki sesering mungkin. Terutama bila tipe kaki anda sering berkeringat dan kondisi cuaca sedang panas.

Pastikan kuku kaki selalu dalam kondisi bersih dan tidak ada kapalan pada telapak kaki. Kuku kaki yang panjang dan kotor serta kapalan pada telapak kaki akan menjadi tempat yang ideal untuk berkumpulnya bakteri.

Jika memungkinkan, gunakan spray atau deodoran yang memang diperuntukkan khusus untuk kaki.

Untuk menjaga sirkulasi udara, usahakan memakai sepatu yang terbuka. Pada saat di rumah, cobalah untuk tidak memakai sepatu (bertelanjang kaki).

Jika menginginkan untuk memakai sepatu tertutup, maka pilihlah sepatu yang menggunakan bahan kulit atau kanvas. Dan sebaiknya hindari menggunakan sepatu yang berbahan plastik.

Itulah beberapa tips cara mengatasi masalah bau kaki menyengat serta bagaimana caranya agar kaki tidak muncul bau yang tidak sedap dan menyengat sehingga membuat rasa tidak nyaman, baik diri sendiri ataupun orang lain yang disekitarnya.

Loading...

Hasil pencarian:

obat luka berdarah di dalam kuku jempol kaki, mengatasi kentut bau pada bayi, cara mengobati luka didalam kuku, cara menghilangkan bau amis pada pakaian, cara menghilangkan bau asam pada kolang kaling, ayam bangkok mulut bau, nafas ayam bangkok bau, jempol kaki bolong di sela kuku nya, cara mengobati nafas ayam bau, cara kuku kaki berlubang, cara mengobati berdarah di dalam kuku jaki, cara menghilangkan rasa kecut pada kolang kaling, cara menghilangkan napas ayam berbau tak sedap, penyebab ayam bangkok nafasnya bau, cara menghilangkan bau amis ikan pada pakaian
Cara Atasi Bau Menyengat Pada Kaki | admin | 4.5