Loading...

Cara Melakukan Pertolongan Pertama Pada Sakit Diare

Sebagian orang beranggapan kalau diare merupakan sakit perut biasa. Padahal, jika tidak segera diatasi dengan benar, penederita diare bisa mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi hingga berakibat fatal pada kematian.

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab diare, misalnya karena keracunan makanan, mengkonsumsi makanan tertentu, salah minum obat, stres, minum alkohol, infeksi bakteri dan lain-lain.

Berikut adalah tips dari dr. John Arianto Sondakh, Tim Dokter Umum RSIA KMC untuk melakukan pertolongan pertama pada diare :

loading...

1. Jagalah agar tubuh tidak masuk dalam kondisi dehidrasi, jika terlanjur berada dalam kondisi dehidrasi terutama untuk anak, lakukan rehidrasi dengan memperbanyak asupan cairan.

2. Setiap kali buang air, konsumsi cairan yang mengandung elektrolit seperti oralit. Bila tidak ada, bisa diberikan larutan gula garam.

3. Segeralah bawa ke dokter jika penderita terlihat dalam kondisi lemas, mata cekung, letargis (penurunan kesadaran dan pemusatan perhatian serta kesiagaan), kotoran disertai darah/lendir, dan demam tinggi.

Loading...
Cara Melakukan Pertolongan Pertama Pada Sakit Diare | inicarak | 4.5