Loading...

Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Air Matang

Menambahkan es batu ke dalam minuman membuat minuman menjadi lebih segar, apalagi bila diminum saat siang hari. Namun sayang, terkadang ada penjual yang tidak mau repot untuk memasak terlebih dahulu air bahan untuk membuat es batu. Hasilnya, kita sebagai konsumen yang dirugikan.

Sebenarnya, ada cara untuk membedakan apakah es batu tersebut dibuat dari air mentah atau air matang yang sudah dimasak, demikian menurut Chef Indra, seperti yang dilansir Okezone, Kamis (1/5).

Es batu yang dibuat dari air mentah akan memperlihatkan adanya pengumpalan pembekuan di bagian tengah maupun di bagian sisi lainnya yang ada di es batu.

loading...

Chef Indra mengatakan jika es batu yang dibuat dari air mentah telah terjadi adanya proses pemaksaan dalam pembekuan. Sehingga, terdapat air yang dibekukan jadi terjebak dalam satu sisi saja.

Es batu yang terbuat dari air mentah terlihat berwarna putih. Biasanya akan terjadi pengumpalan di bagian tengah atau di bagian lainnya. Hal tersebut terjadi karena terdapat banyak gas atau oksigen yang berada didalamnya karena telah dipaksakan untuk dibekukan.

Kebanyakan es batu yang dibuat dari air mentah dibuat dalam bentuk balokan. Karena jika sudah dimatangkan maka air akan mudah dibentuk.

Sedangkan es batu yang dibuat dari air matang akan terlihat bening seperti air. Hal ini terjadi karena gas yang ada di dalam air sudah menghilang akibat perebusan.

Ketika pendinginan terjadi sedikit gas yang terperangkap dalam es karena kandungan udara dalam air berkurang. Es semacam ini biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube.

Kemudian, Chef Indra juga mengatakan dari segi aroma pun bisa tercium. Es batu yang dibuat dari air matang akan terasa lebih segar ketimbang air mentah.

Anda tinggal mencolek saja dengan jari kepada es batunya. Jika terasa pahit maka itu pertanda es batu dibuat dari air mentah, bahkan di dalam es batu tidak akan terlihat kotoran yang muncul bila mempergunakan air matang.

Loading...
Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Air Matang | inicarak | 4.5