Loading...

Cara Membersihkan Database WordPress Agar Loading Blog Lebih Cepat

WordPress mempunyai fitur auto revision untuk mencegah blogger dari kehilangan tulisan saat menulis atau mengubah (edit) tulisan. Meski ini tujuan sebenarnya adalah baik, namun sayangnya setiap file revision akan menambah jumlah file yang ada di database. Dari sebuah artikel saja bisa jadi ada 10 file revision yang sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi.

Semakin lama jumlah file revision akan semakin beratambah banyak dan semakin membuat ukuran database jadi membengkak, hasilnya loading blog pun jadi lambat karena sebelum menampilkan ke browser sistem akan terlebih dahulu mencari satu-persatu di database.

Nah, untuk membersihkan database kita bisa menggunakan plugin WordPress bernama WP-Cleanup. Plugin WP-Cleanup ini akan menghapus semua file revision yang ada di database.

loading...

Cara Membersihkan Database Blog WordPress

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup install di WordPress dan aktifkan. Untuk membersihkan database caranya pilih “Settings” >> WP-Cleanup >> centang pada bagian yang ingin dibersihkan, kemudian klik tombol “Cleanup the selected items!”.

Plugin WP-Cleanup mempunyai fitur untuk membersihkan dengan menghapus post revision, komentar spam, tag yang tidak terpakai, post meta dan mengoptimalkan tabel MySQL dengan cara menghapus semua ruang tabel yang tidak terpakai.

Loading...
Cara Membersihkan Database WordPress Agar Loading Blog Lebih Cepat | inicarak | 4.5