Loading...

Cara Membersihkan Keset dari Bahan Kain, Karet, dan Kayu

Keset merupakan barang yang paling umum yang hampir selalu ada dan dimiliki oleh setiap rumah. Keset sendiri sebenarnya adalah alat pembersih sekaligus pengesat untuk mengeringkan kaki. Keberadaan alat ini biasanya disepelekan tanpa pernah dilakukan perawatan dengan semestinya. Biasanya keset hanya dibersihkan dengan ditepuk-tepuk menggunakan sapu lalu di jemur bila basah. Lalu, bagaimana cara membersihkan keset yang benar?

Anda mungkin sudah lupa kapan keset rumah dibersihkan untuk terakhir kalinya. Padahal, cara membersihkan keset sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Gampang malahan.

Cara Membersihkan Keset Lantai Kamar Mandi

Keset Lantai Kamar Mandi Harus Rajin Dibersihkan

loading...

Selain karena rentan sebagai sarang kuman dan penyakit, bila tidak dibersihkan secara rutin maka keset bisa jadi tidak akan bisa bertahan lama. Terutama adalah keset yang ada di depan pintu kamar mandi. Selain rentan berjamur karena selalu lembab, bila tidak dibersihkan keset akan menjadi lebih kotor.

Cara membersihkan keset mandi dari kain:

Keset kamar mandi biasanya cukup mudah dibersihkan karena terbuat dari bahan kain. Untuk membersihkannya, anda bisa masukkan beberapa handuk bersama keset ke mesin cuci. Jalankan mesin pada pengaturan air panas, kemudian anda tambahkan pemutih atau deterjen biasa.

Selain itu, sebagai bahan pemutih alternatif, anda juga bisa ganti deterjen dengan cuka. Namun walau cara model ini bisa bekerja secara efektif pada kebanyakan keset, namun anda tetap harus selalu memeriksa tag pembersihannya.

Setelah keset selesai dicuci, selanjutnya anda bisa bersihkan keset kain di pengering.

Cara membersihkan keset dari bahan karet:

Keset yang terbuat dari bahan karet tidak bisa anda masukkan ke dalam mesin cuci, karena bila memaksakannya ini akan menyebabkan kekenyalan karet dengan cepat akan menurun hingga keset jadi terasa keras, apalagi bila keset hingga dimasukkan ke dalam alat pengering.

Untuk gantinya, maka anda cukup membersihkan keset dengan cara menggosok bagian belakang dan depan keset dengan tangan. Semabri terus menggosok, anda bias gunakan cuka atau sedikit pemutih.

Berikan perhatian ekstra pada bagian karet saat menggosoknya, karena pada bagian inilah yang menjadi tempat bagi jamur untuk tumbuh dengan sempurna.

Selanjutnya untuk mengeringkan keset karet anda bia menjemurnya di rak pengering, jemuran pakaian atau bisa juga di tempat lain yang memungkinkan keset bisa menerima cukup udara dari semua sisi.

Cara membersihkan keset kayu:

Bila anda mempunyai keset dari bahan kayu, maka untuk membersihkannya anda bisa menggosoknya menggunakan spons bersama dengan air dan sabun. Untuk selanjutnya anda bisa menggunakan kain untuk mengeringkan seluruh permukaan keset anda tersebut.

Kapan harus mengganti keset?

Secara umum dalam setahun sebaiknya keset diganti satu atau dua kali. Meski demikian saat pada keset anda sudah mulai muncul lubang, bintik-bintik berjamur, atau merumbai, itu juga bisa menjadi pertanda bahwa keset rumah sudah minta diganti.

Tips Membeli Keset untuk Rumah

Pertimbangkan komitmen pembersihan yang terkait dengan berbagai jenis keset ketika anda membeli keset berikutnya. Bila anda merasa baik-baik saja untuk mencuci dengan tangan, maka semua jenis keset bisa anda gunakan. Namun, untuk pilihan yang mudah dalam perawatannya, maka cobalah untuk memikirkan jenis keset dari bahan kain.

Loading...
Cara Membersihkan Keset dari Bahan Kain, Karet, dan Kayu | admin | 4.5