Loading...

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Membersihkan telinga menjadi salah satu rutinitas yang bagi sebagian orang sebagai aktivitas yang mengasikkan. Bahkan tidak jarang ketika telinga tidak dibersihkan dalam beberapa membuat bagian dalam telinga terasa gatal.

Salah satu cara membersihkan telinga yang banyak dilakukan adalah menggunakan cotton bud. Padahal cara ini sangat tidak dianjurkan karena bisa membahayakan karena bukan tidak mungkin justru akan mendorong kotoran semakin masuk ke dalam telinga.

Membersihkan telinga terlalu sering pun sebenarnya tidaklah dianjurkan. Karena kotoran telinga sendiri pada dasarnya memiliki fungsi penting dimana ia merupakan pelumas serta berguna mencegah masuknya air. Selain itu cerumen juga memiliki sifat yang membunuh beberapa jenis bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur.

loading...

Cara Membersihkan Kotorang Telinga

Untuk cara membersihkan telinga, sangat dianjurkan hanya dilakukan pada bagian luar telinga saja. Karena untuk bagian dalam bila dibersihkan sendiri bisa berbahaya disebabkan kita tidak tahu ukuran atau posisi dari gendang telinga. Dikhawatirkan kotoran yang ikut terdorong atau alat yang digunakan justru bisa menyebabkan luka pada gendang telinga. Karena bila ini terjadi maka bisa mengganggu fungsi pendengaran.

Bila kotoran telinga dirasa cukup banyak, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan bantuan dokter untuk membersihkannya. Oleh dokter kotoran telinga bisaanya akan dibersihkan menggunakan alat kecil yang disebut kuret atau memakai alat sedot (suction). Ataupun mungkin dokter juga akan menggunakan metode lain untuk membersihkan kotoran telinga.

Membersihkan kotoran telinga memang tidak boleh dilakukan terlalu sering. Namun bila tidak juga dibersihkan setelah kotoran banyak menumpuk, hal ini bisa jadi akan menyebabkan komplikasi seperti nyeri telinga, vertigo, infeksi saluran telinga luar, infeksi telinga tengah, serta terbentuknya lubang pada gendang telinga. Karenanya bila anda merasakan nyeri pada telinga, kehilangan fungsi pendengaran, pusing, gatal-gatal parah pada telinga, atau keluar bau tidak sedap dari telinga, ada baiknya untuk segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan sebelum hal yang membahayakan terjadi.

Loading...

Hasil pencarian:

berbahayakah nyamuk masuk ke telinga, tanda tanda telinga kamasukan serangga
Cara Membersihkan Kotoran Telinga | admin | 4.5