Loading...

Cara Membersihkan Telinga yang Benar dan Tepat

Untuk membersihkan kotoran telinga, biasanya kita menggunakan korek telinga atau yang juga dikenal dengan sebutan cutton bad. Alat ini memang sangat efektif untuk membersihkan kotoran telinga, namun demikian anda harus memikirkan juga bagaimana cara yang tepat menggunakannya.

Karena menurut hasil dari sebuah studi terbaru dari Rumah Sakit Henry Ford, mengungkapkan bahwa korek kuping atau cutton bad ini berkaitan langsung dengan kerusakan telinga bagian dalam. Namun demikian, tidak berarti anda tidak boleh atau menghindari memakai korek kuping untuk membersihkan kotoran di telinga.

Untuk cara membersihkan telinga, gunakan cutton bad untuk membersihkan bagian luar kuping dengan keras, tapi tidak bagian dalam saluran telinga. Karena menurut Rachel Pritzker, M.D, dokter kulit yang praktik di Chicago, membersihkan dengan keras bagian dalam saluran telinga bisa menyebabkan gangguan pendengaran akibat serimen terganggu

loading...

Bahkan, tidak sedikit orang yang pada akhirnya mengalami gendang telinga pecah. Jika gangguan pendengaran itu terjadi akibat korek kuping, maka seseorang memerlukan bantuan dari dokter THT untuk memperbaikinya.

“Serumen secara alami melumasi dan melindungi telinga bagian dalam anda dari segala sesuatu yang ada di luar (kuping) dan begitu terganggu, pasti memengaruhi fungsi pendengaran,” kata Rachel Pritzker, M.D, seperti yang dilansir Menshealth.

Apabila anda tidak ingin membersihkan telinga dengan korek kuping, maka studi merekomendasikan untuk memakai campuran peroksida dingin dengan air hangat dan menggunakan penetes air mata untuk mengaliri saluran telinga sebanyak empat sampai lima tetes.

Lebih dalam, ada solusi agar anda tidak mengalami gangguan telinga atau berakhir di klinik dokter THT. Caranya yaitu saat membersihkan telinga memakai korek kuping, lakukanlah dengan pelan-pelan dan jangan membersihkan telinga setiap hari.

Loading...
Cara Membersihkan Telinga yang Benar dan Tepat | inicarak | 4.5