Loading...

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik

Banyak orang mencari cara untuk bisa menghemat tagihan listrik setiap bulannya. Mulai dengan menggunakan berbagai trik menghemat listrik seperti tidak mencuci baju menggunakan mesin cuci bila menggunakan tangan saja masih bisa, menggunakan timba air daripada menggunakan mesin pompa air dan masih banyak lagi cara menghemat listrik yang coba dilakukan. Hingga membeli alat penghemat listrik.

Penggunaan peralatan listrik dimasa kini memang sudah tidak bisa terelakkan lagi. Keberadaan peralatan listrik banyak membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Karena itulah mau tak mau akan ada lebih banyak uang yang harus dikeluarkan untuk biasa penggunaan daya listrik setiap bulannya.

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik

Saat ini sudah ada banyak produsen yang menjual alat yang katanya bisa untuk menghemat listrik di rumah. Pada dasarnya, kebanyaka alat penghemat listrik yang dijual bekerja untuk meredam lonjakan listrik pada saat pertama kali menyalakan peralatan listrik.

loading...

Cara kerja alat penghemat listrik pada umumnya hanya dengan mengurangi besaran cosinus dari kurva arus AC yang akan terbaca pada alat ukur pengukur kilometer di rumah anda. Alat KWH meter (benda besar yang menempel di dinding luar rumah anda dan di atasnya seperti ada cakram yang berputar) akan bekerja jika ada beban AC melintas melalui sensor berupa kumparan kawat untuk mengukur besarnya arus AC yang melewatinya. Atau teori ilmiahnya adalah bagaimana caranya agar kita bisa mereduksi sebesar mungkin puncak (peak dari besaran kurva AC (sinus-cosinus) agar terbaca sedemikian rendah.

Berikut ini adalah contoh dari rangkaian alat penghemat listrik.

Gambar Skema Rangkaian Komponen Alat untuk Menghemat Tagihan Listrik

Rangkaian dan Komponen Alat Penghemat Listrik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada dasarnya alat penghemat listrik ini bekerja dengan cara untuk meredam lonjakan listrik pada saat pertama kali menyalakan peralatan listrik. Terutama alat ini sangat berguna pada saat pemakaian peralatan yang menggunakan induksi seperti trafo, motor listrik seperti blender, mixer, mesin cuci, kipas angin dan pompa air. Dan agar bisa bekerja secara lebih maksimal, maka pemakaian alat sebaiknya didekatkan pada peralatan yang disebutkan tadi.

Loading...
Cara Membuat Alat Penghemat Listrik | admin | 4.5