Cara Membuat Bootable Windows 8 dari USB Flashdisk | IniCaraku.com

Cara Membuat Bootable Windows 8 dari USB Flashdisk

Cara membuat bootable Windows 8 dari USB Flashdisk ini bertujuan untuk membuat file installer Windows 8 di flashdisk, sehingga nantinya kita bisa menginstall Windows 8 menggunakan flashdisk. Karena seperti yang kita tahu, saat ini banyak bermunculan komputer jenis netbook yang tidak menyertakan pemutar CD/DVD sehingga mau tidak mau kita harus menggunakan flashdisk untuk menginstall sistem operasi Windows 8.

Cara Membuat Bootable Windows 8 dari USB Flashdisk

Sebelum mengikuti tutorial cara membuat bootable Windows 8 dari usb flashdisk, pastikan Anda sudah men-download Windows 8 USB Installer Maker. Anda bisa download file Windows 8 USB Installer Maker di sini.

Kemudian Anda juga harus menyiapkan file installer Windows 8 dalam format ISO.

Cara Membuat Bootable Windows 8 dari Flashdisk

  1. Hubungkan USB flashdisk yang mempunyai space minimal 4 GB yang akan dibuat menjadi bootable ke komputer.
  2. Ekstrak file Windows 8 USB Installer Maker.
  3. Klik kanan file “Win8USB.exe” dan pilih “Run as administrator”.
  4. Akan muncul jendela aplikasi, kemudian pilih lokasi flashdisk Anda dan pastikan formatnya dalam NTFS.
  5. Klik tombol “Search ISO” untuk mencari lokasi file ISO Windows 8 milik Anda.
  6. Ceklist pada “Format drive” untuk memastikan flashdisk Anda dalam fomat NTFS dan kapasitas minimal yang diperlukan.
  7. Klik tombol “Create” dan tunggu proses hingga selesai, dalam hal ini diperlukan kesabaran karena proses berjalan sangat lama.
  8. Jika dalam proses unpacking instalasi nanti muncul status “No Responde”, jangan resah, sebab ini normal dan copy file tetap berjalan di backgound (tidak terlihat).
  9. Setelah proses pembuatan bootable Windows 8 selesai, Anda akan menjumpai jendela “Task complete”
  10. Anda juga akan melihat log text dengan tulisan “Successfully updated NTFS filesystem bootcode”. Namun jika tidak, coba klik tombol “Fix USB boot”.

Sekarang Anda sudah mempunyai bootable Windows 8 menggunakan usb flashdisk yang bisa Anda gunakan untuk menginstall Windows 8 di komputer.

Saat akan install Windows 8 di komputer menggunakan bootable Windows 8 dari USB flashdisk, pastikan pada setting BIOS komputer yang ingin Anda install sudah diatur pada first boot-nya menggunakan removable USB atau flashdisk yang pertama kali dibaca saat booting. Masing-masing komputer biasanya mempunyai cara pengaturan yang berbeda. Silahkan Anda coba sendiri.



IniCaraku.com Search form