Cara Memperbaiki Kartu Memori atau Flashdisk yang Rusak | IniCaraku.com

Cara Memperbaiki Kartu Memori atau Flashdisk yang Rusak

Ada dua jenis kerusakan yang biasa terjadi pada kartu memori (memory card) dan flashdisk yaitu kerusakan karena sistem (software) dan kerusakan karena hardware. Kerusakan karena sistem biasanya mengakibatkan flashdisk atau kartu memori tidak bisa digunakan untuk menyimpan file, minta di format tapi tidak bisa di format, saat di cek di properties space-nya kosong, dll.

Kartu memori (memory card) dan flashdisk sebenarnya masih bisa diperbaiki selama penyebab kerusakannya adalah karena software atau sistem, bukan karena hardware-nya. Berikut ini adalah cara memperbaiki kartu memori (memory card) dan flashdisk yang rusak karena software atau sistem.

  1. Hubungkan kartu memori atau flashdisk ke komputer
  2. Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Explorer), misalnya pada drive (D,E,F,G,H atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, kemudian pilih menu “Format”.
  3. Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTFS), pastikan untuk memilih sistem format file FAT.
  4. Klik tombol “Format Now” dan tunggu hingga selesai.

Namun jika muncul pesan “error” kemudian PC tidak bisa memformat lagi meski sudah dicoba berkali-kali, maka gunakan cara lain yaitu dengan format lewat menu Command Line.

Adapun cara format memori card melalui Command Line adalah sebagai berikut:

  1. Di keyboard komputer, tekan icon WIN+ R, kemudian ketik CMD lalu tekan Enter. Kemudian akan muncul jendela Command pada mode DOS prompt.
  2. Selanjutnya ketik FORMAT E: / FS:FAT
    (E=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive F, maka tulis F)
  3. Tunggu hingga selesai.

Jika cara tersebut diatas sudah dilakukan namun kartu memori atau flashdisk tetap tidak bisa digunakan maka kemungkinan penyebab kerusakannya adalah karena fisk (hardware), untuk yang seperti ini maka solusi terbaik adalah di lem biru, lempar beli yang baru :)

IniCaraku.com Search form