Cara Memperbaiki Setrika Listrik yang Rusak | IniCaraku.com

Cara Memperbaiki Setrika Listrik yang Rusak

Setrika listrik digunakan untuk membuat pakaian menjadi rapi setelah dicuci dan dijemur. Hampir bisa dipastikan setiap rumah memiliki setrika listrik. Karena listrik sering digunakan, maka setrika juga menjadi salah satu alat rumah tangga yang paling sering rusak. Ada beberapa kemungkinan kerusakan yang mungkin saja terjadi pada seterika anda. Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada seterika listrik adalah seperti:

1. Setrika tidak bisa panas (mati total). Ini bisa jadi karena kabel atau saklar yang putus
2. Setrika tidak bisa panas secara maksimal (kurang panas). Bisa jadi karena elemen sudah mulai panas
3. Permukaan bawah setrika lengket. Kemungkinan terjadi korsleting pada saklar termostat

Cara Memperbaiki Setrika Listrik yang Rusak Mati Total

1. Buka rangka setrika mengunakan obeng + setelah terbuka ukur kabel setrika mengunakan multitester dengan posisi seperti saat mengukur resistor atau hambatan. Apabila jarum multitester berjalan pada setiap ujung terminal kabel maka kabel tersebut dalam kondisi baik. Apabila jarum tidak bergerak salah satu terminal ganti kabel tersebut.

2. Ukur elemen dengan multitester (langsung keterminalnya bukan melalui saklar otomatis termostatl) bila jarum bergerak dan menunjukan nilai tahanan tertentu maka elemen tersebut masih baik bila sebaliknya (jarum tidak bergerak) maka ganti elemen tersebut karena mengalami kerusakan.

3. Untuk memutuskan arus dan mengidupkan kembali setrika mengunakan saklar otomatis termostat. Saklar ini berkerja sesuai setelan pengaturan suhu dan akan memutus arus listrik setelah mendapatkan batas panas terentu. Ukur saklar dengan terlebih dahulu memutar setelan panas maksimal. Apabila jarum berjalan menandakan saklar otomatis masih berfungsi dan apabila tidak berjalan jarum multitester berarti saklar rusak atau kotor. Untuk langkah perbaikan adalah bersikan terminal saklar dan bila diperlukan ganti saklar termostat dengan yang baru.