Loading...

Cara Mencegah, Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Lebaran

Pola makan dan gaya hidup sehat selama Ramadhan membuat tubuh kita sehat. Namun ketika hari raya lebaran Idul Fitri datang, pola makan yang sehat ini pun berubah. Karena itulah, maka tak jarang setelah lebaran berat badan langsung naik.

Naiknya berat badan saat lebaran biasanya dipicu karena konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Seperti yang kita tahum setiap melakukan silaturahim dipersilahkan untuk makan besar, membuat bobol pola makan yang telah teratur.

Menurut ahli gizi dari Politeknik Kementerian Kesehatan Jakarta II, Dr Marudut, jika kita tidak hati-hati dalam mengatur pola makan, maka berat badan bisa naik drastis hanya dalam waktu beberapa hari saat idul Fitri.

loading...

Menurut Dr Marudut, orang dalam keadaan sehat biasanya hanya butuh 1500 hingga 2000 kalori saja dalam satu hari. Namun, hidangan yang disajikan kala Idul Fitri mengandung jauh lebih banyak dari itu, bahkan bisa lebih dari 3000 kalori.

Menghindari makanan seperti opor ayam, daging rendang, kue basah dan kering atau makanan lainnya ketika lebaran tentu sangatlah sulit dilakukan. Untuk itu, kita perlu mengakalinya agar tubuh bisa tetap mendapatkan asupan nutrisi yang sehat.

Caranya adalah dengan mengambil porsi makanan tersebut yang sedikit-sedikit. Jika ada pilihan lain, misalnya disuguhkan sayur-sayuran, lebih baik memilihnya dibandingkan dengan daging-dagingan yang penuh lemak, apalagi diperparah dengan dimasak menggunakan santan.

Karena makanan berlemak banyak tak bisa dihindari, usahakan terus mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, agar asupan makanan yang masuk ke tubuh bisa berimbang.

Jika sayur dan buah tidak banyak ditemukan dalam sajian ketika silaturahim, pastikan ada buah-buahan di rumah kita sendiri.

Pastikan selalu ada beberapa jenis buah di rumah, juga disediakan sayur-sayuran khusus di rumah sendiri. Sehingga asupan nutrisi yang banyak serat, bisa dimakan dengan mudah. Buah yang paling disarankannya adalah apel, mangga, jeruk, dan buah penuh serat lainnya.

Loading...
Cara Mencegah, Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Lebaran | inicarak | 4.5