Loading...

Cara Mencegah Bahaya Penggunaan Pestisida

Penggunaan pestisida yang tidak sesuai aturan bisa mengakibatkan bahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan, serta juga dapat merusak ekosistem. Bagi manusia sendiri, penggunaan pestisida yang tidak benar dan tidak sesuai anjuran bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti rasa mual, sakit tenggorokan, gatal-gatal serta pandangan kabur, dan bahkan yang paling buruk adakan bisa menyebabkan seseorang berganti kelamin.

Oleh karena itu, adalah hal yang bijak bila kita melakukan usaha pencegahan sebelum pencemaran dan keracunan pestisida mengenai diri kita atau makhluk yang berguna lainnya. Berikut adalah usaha atau tindakan pencegahan yang perlu dilakukan, seperti yang dikutip dari WikiPedia:

1. Ketahui dan pahami dengan yakin tentang kegunaan suatu pestisida. Jangan sampai salah berantas. Misalnya, herbisida jangan digunakan untuk membasmi serangga. Hasilnya, serangga yang dimaksud belum tentu mati, sementara tanah dan tanaman telah terlanjur tercemar.
2. Ikuti petunjuk-petunjuk mengenai aturan pakai dan dosis yang dianjurkan pabrik atau petugas penyuluh.
3. Jangan terlalu tergesa-gesa menggunakan pestisida. Tanyakan terlebih dahulu pada penyuluh.
4. Jangan telat memberantas hama, bila penyuluh telah menganjurkan menggunakannya.
5. Jangan salah pakai pestisida. Lihat faktor lainnya seperti jenis hama dan kadang-kadang usia tanaman juga diperhatikan.
6. Gunakan tempat khusus untuk pelarutan pestisida dan jangan sampai tercecer.
7. Pahami dengan baik cara pemakaian pestisida.

loading...

Loading...

Hasil pencarian:

bagaimana mengatasi penggunaan pestisida yang berlebihan, pencegahan pencemaran akibat pestisida, jelaskan cara pencegahan efek samping yv ditimbulkan oleh penggunaan pestisida secara berlebihan, cara mengurangi dampak negatif penggunaan pestisida, jelaskan cara pencegahan efek samping yg di timbulkan oleh pestisidasecara berlebihan, cara untuk mengatasi pestisida, cara mengurangi pestisida, cara mengurangi penggunaan pestisida terhadap lingkungan, cara menghilangkan pupuk ya, cara mengatasi penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan, cara mengatasi penggunaan pestisida secara berlebihan, cara mengatasi pencemaran tanah oleh penggunaan pestisida berlebih, cara mengatasi dampak pestisida, usaha untuk mengurangi efek insektisida, cara menanggulangi pestisida
Cara Mencegah Bahaya Penggunaan Pestisida | inicarak | 4.5