Loading...

Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan

Hampir setiap wanita dalam masa reproduksi pernah mengalami keputihan. Keputihan ada dua macam, keputihan yang bersifat alami dan keputihan yang merupakan suatu penyakit. Keputihan alami biasa terjadi pada wanita hamil, beberapa hari menjelang menstruasi, atau kadang karena adanya rangsangan seksual. Cairannya bening atau putih, tidak berbau, tidak ada rasa gatal, tidak terlalu encer, dan jumlahnya sedikit, tidak sampai membasahi pakaian dalam.

Sebaliknya keputihan yang merupakan suatu penyakit bisa disebabkan adanya pertumbuhan bakteri, jamur dan protozoa, adanya benda asing di vagina dan juga merupakan tanda awal keganasan pada leher rahim. Cairannya akan berwarna kuning atau kehijauan, berbau, terasa gatal, encer, berbuih dan jumlahnya banyak, membasahi pakaian dalam.

Keputihan yang merupakan suatu penyakit dapat diobati, tetapi keluhan ini dapat terulang kembali. Untuk pencegahannya perlu dijaga agar daerah sekitar vagina tidak terlalu lembab, ada sirkulasi udara yang cukup, dan jangan terlalu sering membersihkan dengan cairan desinfektan. Jadi usahakan memakai pakaian dalam katun, tidak memakai celana yang terlalu ketat, dan sebaiknya tidak memakai pembalut sepanjang hari. Untuk mengetahui penjelasan dan perawatan lebih lanjut ada baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter.

loading...

Loading...
Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan | inicarak | 4.5