Loading...

Cara Mencegah dan Menghindari Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah berkurangnya kualitas dan kepadatan massa tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan rawan mengalami patah. Osteoporosis umumnya terjadi pada wanita yang sudah berusia lanjut, diatas 50 tahun. Meski demikian, osteoporosis juga bisa menyerang siapa saja, bahkan ketika usia masih muda dibawah 50 tahun.

Gaya hidup yang sehat serta pemenuhan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup bisa menjadi kunci utama untuk mencegah seseorang terkena osteoporosis. Selain itu, seperti dirilis Healthmeup, ada beberapa langkah lain yang bisa dilakukan untuk mencegah osteoporosis.

1. Lakukan latihan fisik sebagai tindakan preventif
Lakukan latihan fisik untuk merangsang sel-sel tulang dan membuat kepadatan tulang secara sempurna. Untuk menjaga kesehatan tulang, lakukanlah latihan fisik seperti squats, menekuk lutut, dan pull dows. Selain itu, aerobik dan lari pun menjadi olahraga yang direkomendasikan untuk mencegah osteoporosis.

loading...

2. Perbanyak kalsium dan asupan vitamin D
Asupan yang direkomendasikan para ahli adalah sekitar 1.000-1.300 miligram kalsium per hari. Untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D. Kalsium dan vitamin D yang memadai bisa merangsang kepadatan tulang.

3. Perbanyak sayuran hijau
Sayuran hijau bisa jadi menu harian Anda karena banyak mengandung kalsium. Kedelai juga merupakan sumber yang kaya nutrisi, sehinggabisa mendukung kesehatan tulang Anda.

4. Lakukan gaya hidup sehat
Rajin olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang bisa bantu Anda terhindar dari serangan osteoporosis.

5. Penuhi asupan kebutuhan gizi
Gaya hidup sehat harus diterapkan untuk mencegah osteroporosis. Selain melakukan olahraga sebagai latihan fisik, Anda juga bisa dapat mengasup makanan bergizi dan seimbang.

Loading...
Cara Mencegah dan Menghindari Osteoporosis | inicarak | 4.5