Loading...

Cara Mencegah dan Mengobati Mata Merah Karena Belekan

Mata merah atau belekan merupakan penyakit yang tidak pandang usia. Anak kecil hingga orang tua bisa terkena penyakit ini. Belekan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, dan terkadang virus tersebut juga ditunggangi oleh kuman sehingga terjadi infeksi pada bagian mata. Penderita yang terkena penyakit ini akan merasakan pedih pada matanya, mata menjadi merah dan bengkak, bahkan ketika bangun tidur, si penderita akan kesulitan untuk membuka matanya, karena terdapat banyak kotoran di seputar kelopak matanya. Sehingga pandangan menjadi kabur dan terasa ada ganjalan pada bola mata.

Ada dua macam obat untuk penyakit ini, salep dan tetes. Untuk penyakit infeksi mata yang berat, daya kerja salep lebih bertahan lama. Sebab, sesuai bentuknya, obat berbentuk salep lebih mudah menempel dan bertahan lama pada selaput lendir mata dibandingkan dengan obat tetes. Obat tetes lekas habis masa kerjanya karena mudah mengalir keluar lagi bersama air mata. Sehingga obat tetes lebih sering dipakai daripada obat berbentuk salep, mungkin setiap 3 – 4 jam sekali. Atau bisa lebih dari itu, sesuai tingkat keparahan infeksinya.

Salep kurang disukai sebab mengganggu pandangan dan memberikan rasa kurang enak di mata, selain kurang sedap dipandang. Lagi pula tidak semua pasien memakai salep mata secara benar. Mereka mengoleskan salep pada selaput lendir merah kelopak mata, bukan langsung pada biji mata, sehingga berlepotan mengenai bulu mata. Caranya mirip dengan cara mengoleskan odol pada sikat gigi. Di depan cermin, salep dioleskan pada sisi dalam kelopak mata bagian bawah dengan cara menarik kelopak mata bawah.

Belilah obat infeksi mata sesuai dengan resep dokter, karena obat mata yang ada dipasaran belum bisa sampai membunuh bibit-bibit penyakitnya dan tidak semua penyakit mata merah sama penyebabnya dan sama pula obatnya. Pemakaian obat mata sembarangan bisa membahayakan mata. Untuk infeksi mata yang dinilai parah, dokter mempertimbangkan pemberian obat minum, selain salep atau obat tetes mata.

Cara Mengobati Mata Merah Karena Belekan

  • Jangan menyentuk mata dengan jari, karena banyak kuman yang menempel pada jari tangan, jika terjadi gatal gunakan kain lembtu untuk mengusapnya.
  • Dengan mata terpejam basuhlah kelopak mata dengan air hangat, INGAT!!! Air hangat bukan air panas jika terlalu panas justru akan menyebabkan iritasi, hal ini untuk melunakan dempetan mata dan menghilangkan kotoran sisa belekan yang masih menempel pada kelopak mata usapkan 3 – 4 kali sehari setidaknya 5 menit.
  • Gunakan obat tetes untuk mengurangi iritasi dan rasa gatal pada mata.
  • Untuk yang agak ganjen hindari pemakaian tata rias di daerah mata sampai infeksi bisa benar-benar hilang atau sembuh.
  • Jangan dulu menggunakan kontak lens jika masih infeksi.
  • Seringlah mencuci tangan karena secara tidak sadar setiap hari kita menyentuh daerah mata sekitar +10x.
  • Jika dalam 2 – 3 hari mata semakin tidak nyaman dan sensitive terhadap cahaya, cobalah untuk istirahatkan mata anda (maksudnya tidurlah yang cukup) minimal 6 jam.
  • Atau coba cara yang tradisional. Ambil daun sirih segar 4 lembar direbus, setelah dingin gunakan untuk kompres mata yang sakit.

Obat Tradisional Untuk Mengobati Mata Merah Karena Belekan

loading...
  1. Basuhlah muka anda dengan air bersih, sampai kotoran di mata dan muka anda bersih, terus lap muka anda menggunakan handuk bersih sampai kering.
  2. Ambil satu siung bawang putih, di cuci bersih, ujung bawang, kita potong (jawa : puthes) sedikit. Sebaiknya jangan gunakan bawang bombay, gunakan bawang biasa.
  3. Gosokkan perlahan-lahan ujung bawang yang sudah di potong sejajar dengan akar bulu mata. Jangan di bagian kelopak atas, sebaiknya di bagian kelopak mata bawah. Tahan rasa perih.
  4. Tunggu beberapa saat maka akan timbul rasa perih, gatal bahkan geli hingga membuat kepala kita seolah-olah bergoyang mengikuti irama musik.
  5. Ulangi beberapa kali.
  6. Sebaiknya pengobatan ini dilakukan kalau anda mau tidur.

Cara Mencegah Mata Merah Karena Belekan

Virus penyakit ini biasanya ada di tempat-tempat yang kumuh, seperti percikan air banjir. Hindari memegang dan mengucek mata jika terasa gatal. Dan hindari juga kontak langsung dengan si penderita.

Semoga informasi tentang cara mencegah dan mengobati mata merah karena belekan diatas dapat bermanfaat.

loading...
Loading...
loading...

Hasil pencarian:

cara mencegah belekan, mencegah belekan, cara mengatasi mata kelilipan pasir, obat belekan, obat sakit mata belekan, obat mata belekan, cara mencegah mata belekan, cara mencegah belek, cara menyembuhkan mata belekan, ciri ciri mata belekan, cara menghindari belekan, cara mengobati mata belekan, cara mencegah beleken, cara mengatasi belekan, cara mencegah belekan pada mata
Cara Mencegah dan Mengobati Mata Merah Karena Belekan | inicarak | 4.5