Loading...

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Musim Kemarau

Saat musim kemarau, tubuh lebih banyak membutuhkan asupan cairan. Pasalnya, untuk mengstabilkan suhu tubuh maka keringat akan keluar dari pori-pori tubuh. Karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan asupan cairan. Terlebih lagi bila kita aktif selama menjalani keseharian.

Ada banyak bahaya akibat tubuh kekurangan cairan. Mulai dari hilangnya nafsu makan, kulit mengalami kekeringan, sakit kepala hingga tubuh menjadi merasa lemas dan cemas.

Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan atau tidak bisa dideteksi dengan cara memeriksa warna urin. Sementara itu, untuk mengganti kehilangan cairan dan natrium dengan makanan berair yang mengandung garam dan kalium, seperti sup dan sayuran.

Beberapa hal pun bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Minumlah minuman yang mengandung elektrolit dan enam sampai delapan persen karbohidrat setiap kali kita berolahraga di cuaca panas yang ekstrim atau lebih dari satu jam. Hal ini berguna untuk mencegah “hiponatremia” (natrium darah rendah), yang mengencerkan darah dan juga bisa menyebabkan kerusakan serius bahkan kematian.

2. Pertimbangkan semua cairan, termasuk teh, kopi, jus, susu, dan kuah makanan. Jumlah kafein dalam teh dan kopi tidak mengurangi cairan yang memang terkandung di dalamnya, meski mereka memiliki sedikit efek diuretic, menurut National Research Council’s Food and Nutrition Board.

3. Selama latihan, bagi mereka yang mengalami kekurangan natrium yang cukup tinggi akibat terlalu banyak minum, makan makanan asin sebelum latihan atau menambah jumlah asupan garam yang tepat dari minuman olahraga yang dikonsumsi selama latihan.

4. Setelah latihan berat, Anda membutuhkan lebih banyak protein untuk membangun otot, karbohidrat untuk mengisi bahan bakar otot, elektrolit untuk mengisi apa yang hilang dalam keringat, dan cairan untuk membantu rehidrasi tubuh. Susu coklat rendah lemak adalah minuman sempurna yang dapat mengisi kebutuhan tersebut.

5. Untuk menentukan kebutuhan cairan individual, selama latihan berat, timbang berat badan Anda segera sebelum dan setelah latihan. Jika Anda melihat penurunan berat badan yang mendadak, itu berarti Anda telah kehilangan banyak air.

Minum tiga cangkir air putih untuk setiap pon yang hilang (gunakan angka ini untuk menentukan jumlah air atau minuman olahraga). Anda harus minum sebelum dan selama sesi latihan berikutnya untuk mencegah penurunan berat badan atau air.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencukup kebutuhan cairan dalam tubuh sebagaimana yang dilansir dari Livescience. Semoga dapat memberikan manfaat.

loading...
Loading...
Cara Mencegah Dehidrasi Saat Musim Kemarau | inicarak | 4.5