Loading...

Cara Mencegah Diabetes Pada Si Kecil

Diabetes tidak selalu hanya terjadi pada orang tua, namun anak-anak pun berpotensi terkena diabetes. Menurut Dr. Manny Alvarez dari Departemen Obstetri dan Ginekologi dan Ilmu Reproduksi di Hackensack University Medical Center, New Jersey, upaya pencegahan diabetes pada anak itu datangnya pada orangtua dan hanya mereka yang bisa mengontrol anak.

Untuk bisa mencegah diabetes pada anak, para orangtua harus bisa mengetahui gejala prediabetes. Pada saat dirasa anak memiliki salah satu gejala dari prediabetes, maka para orangtua harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Seperti yang dikutip dari laman Okezone, berikut ini adalah tanda-tanda yang orangtua bisa curigai bahwa anak mereka sudah mengalami pradiabetis:

loading...
  • Nigricans Acanthosis atau lekukan kulit di sekitar leher, khususnya di daerah posterior. Kulit ini hiperpigmentasi, tanda lekukan itu berwarna gelap. Anak-anak dengan gejala ini sering salah didiagnosis di mana dikatakan hal itu karena eksim pada leher.
  • Kulit gelap yang sama di daerah ketiak dan selangkangan
  • Tanda didaerah kulit di leher terdapat acanthosis
  • Minum secara berlebihan dan juga buang air kecil yang berlebihan (meskipun kejadian lebih sering terjadi pada diabetes tipe I)
  • Tes darah pada anak-anak menunjukkan trigliserida tinggi dan mereka sering memiliki tekanan darah tinggi bersama lingkar perut yang besar.

Adapun untuk cara pencegahan diabetes pada anak, Dr. Manny menuturkan, disarankan untuk mendorong anak menjalankan pola makan sehat, lebih banyak serat dan konsumsi makanan olahan yang lebih sedikit. Selain itu, para orangtua bisa mendorong anak lebih banyak melakukan olahraga.

Anda bisa mengajak anak Anda lompat tali, itu merupakan olahraga yang gratis dan mudah dilakukan. Anda juga bisa mengajarkan anak untuk berjalan lewat tangga, bukan naik lift. Agar efektif, orangtua perlu bekerja sama dengan dokter anak mereka. Karena mencegah anak dari diabetes diperlukan upaya kelompok.

Loading...
Cara Mencegah Diabetes Pada Si Kecil | inicarak | 4.5