Loading...

Cara Mencegah Gangguan Tekanan Darah Rendah

Salah satu tanda seseorang mengalami masalah gangguan tekanan darah adalah pusing dan cepat lelah. Adapun penyebab tekanan darah rendah bisa dikarenakan pola makan yang buruk, kehilangan darah dan stres. Meski demikian Anda tak usah cemas, sebab dengan perubahan gaya hidup yang tepat, Anda bisa mengontrol tekanan darah rendah.

Seperti yang dikutip dari laman Magforwomen, berikut adalah kebiasaan baik yang bisa bantu Anda terhindar dari tekanan darah rendah.

1. Makan makanan yang seimbang
Kekurangan nutrisi akan menyebabkan rendahnya tekanan darah seseorang. Untuk itu, konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang. Pastikan Anda mendapat kalori yang cukup, vitamin dan protein dalam menu harian Anda.

loading...

Pilihan sarapan sehat untuk penderita tekanan darah rendah adalah oatmeal atau sereal gandum dan susu rendah lemak untuk sarapan, sementara saat siang pilihlah beras merah ditambah dengan sayuran hijau dan ayam. Sebagai camilan, Anda juga bisa mengonsumsi kacang atau salad. Hal itu lebih baik untuk menghindari makanan berminyak atau pedas yang bisa memengaruhi proses pencernaan.

2. Minum cairan yang cukup
Wajib menjaga tubuh tetap terhidrasi untuk mengendalikan tekanan darah rendah. Ini karena saat Anda mengalami dehidrasi, viskositas darah meningkat dan sebagai hasilnya akan mempersempit pembuluh darah tekanan darah rendah dalam tubuh.

3. Meningkatkan asupan natrium Anda
Rendahnya kadar sodium dalam tubuh akan berefek terhadap penurunan tekanan darah. Jadi, asupan sekira 10 gram natrium melalui suplemen atau minuman elektrolit akan membantu Anda untuk mengontrol tekanan darah tetap normal.

4. Minum jus bit
Untuk menjaga agar tekanan darah terus terkontrol, minumlah jus bit setiap hari. Kandungan nitrat dalam bit akan dikonversi jadi oksida nitrat dalam tubuh. Di mana gas hasil pengkonversian itu akan memperlebar pembuluh darah membantu aliran darah. Sehingga tekanan darah rendah akan ditanggulangi secara otomatis.

5. Olahraga yang teratur
Rendah tekanan darah bisa dikontrol sebagian besar dengan berolahraga secara teratur. Contoh olahraga yang baik dilakukan untuk mencegah tekanan darah rendah adalah berjalan, jogging, berenang, dan latihan pernapasan. Selain itu, rajin olahraga juga akan bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh.

Loading...
Cara Mencegah Gangguan Tekanan Darah Rendah | inicarak | 4.5